Produk K-LINK Untuk Penderita Prostat Cronis

Produk K-LINK Untuk Penderita Prostat Cronis
Selamat siang dokter, Saya penderita prostat cronis. Infeksi candida albican. dan sudah di turbulansi. Konsumsi ayurin 2x1. VCO virgin coconut oil. Sudah selama 1 bulan, belum ada reaksi sama sekali, malah creatin nya naik 1.34. Terima kasih dokter

Jawaban

Selamat Siang Bapak Djoko Waingapu,
Terima kasih atas pertanyaannya.  Penderita prostat cronis dan komplikasi infeksi candida albican sulit penyembuhannya walaupun sudah dioperasi TURP (Trans Urethral Resection of Prostate).  Tujuan operasi ini selain memiliki efek positif juga memiliki efek negatif (komplikasi) yang bisa membahayakan nyawa pasien.

Salah satu komplikasinya adalah TURP syndrome. TURP syndrome adalah sekumpulan gejala sistemik sebagai efek dari penyerapan cairan irigasi yang terlalu banyak sehingga hal tersebut mengganggu kestabilan kadar natrium tubuh, sementara natrium memiliki peran vital dalam menjaga fungsi kerja saraf (Claybon, 2009; Damirel, 2012).

Tanda dan gejala tersebut adalah disorientasi, gangguan kesadaran, gangguan pengelihatan, mual dan muntah, gangguan pola nafas, abnormalitas nilai Capillary Refill Time, hiponatremia, anemia, nyeri kepala, hipertensi, gangguan frekuensi nadi, suara paru ronchi, gangguan kadar kalium, kadar ureum dan kreatinin yang tinggi dan edema kaki. (Hawary, 2009).

Kunci utama munculnya tanda dan gejala tersebut adalah ketika kadar natrium dalam darah mulai berkurang (< 135 mmol/l) sementara kadar normal dalam tubuh berkisar antara 135-145 mmol/l dan sindrom ini bisa muncul pada 15 menit setelah reseksi dilakukan hingga lebih dari 24 jam post operasi.  

Sehingga creatin Bapak bisa naik menjadi 1.34 dikarenakan oleh Sindrom TURP. Saran pakai Kinotakara setiap hari dan K-epicor 2x1 tablet/hari. Konsultasikan ke Dokter spesialis Nephrologist dan Urologi untuk dapat dievaluasi kadar creatin dan fungsi ginjal Bapak. Semoga Lekas Sembuh. 

Terima kasih,
Salam, dr.Sugiarto, AAAK, Med.Cos. & Tim K-Link