Ini Jadinya Bila Anda Malas Mencuci Rambut

Ini Jadinya Bila Anda Malas Mencuci Rambut

Merawat rambut juga menjadi kewajiban, salah satu perawatan rambut yang mudah dan biasa dilakukan adalah mencuci rambut atau keramas. Namun, walaupun terkesan sepele dan mudah, keramas kerap ditinggalkan oleh banyak orang. Padahal jika Anda tidak keramas, beberapa hal ini terjadi pada Anda. 

Mencuci rambut merupakan hal yang mudah dilakukan dan tidak memakan banyak waktu, lalu apa yang membuat Anda jarang mencuci rambut? Karena rasa malas atau karena tidak peduli dengan kesehatan dan kebersihan rambut? Perlu Anda sadari betapa pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan rambut, karena rambut sangat memengaruhi penampilan. Rambut yang kotor tentunya akan menimbulkan banyak masalah, bukan hanya untuk penampilan, tetapi juga kesehatan tubuh Anda.

Lalu apa konsekuensinya untuk Anda yang malas mencuci rambut? Yuk simak uraian lengkapnya :

1. Rambut berminyak
Mungkin awalnya jenis rambut Anda adalah jenis rambut yang normal atau bahkan kering. Tetapi jika Anda malas mencuci rambut kulit kepala akan mengalami penumpukan minyak dan kotoran yang membuat pori-pori dikulit kepala menjadi tersumbat. Maka jangan heran jika rambut Anda menjadi lengket dan berminyak.

2. Sarang Bakteri
Minyak yang terdapat pada kulit rambut akan menarik segala jenis partikel bakteri atau kotoran yang ada disekitar Anda. Tanpa disadari kotoran dan bakteri tersebut bersarang dirambut dan terlihat menjadi seperti ketombe.

3. Rambut Rapuh
Penumpukan produk, minyak dan kotoran akan menyumbat pori-pori. Penumpukan tersebut yang menyebabkan rambut menjadi rontok karena ketika Anda sudah lama tidak mencuci rambut, maka rambut akan lebih banyak rontok saat keramas pertama kali. Hal ini terjadi karena rambut yang sudah lama tidak dicuci akan membuatnya lebih rapuh.

4. Rambut beraroma tidak sedap
Sama seperti kulit dibagian tubuh lainnya, kulit kepala juga mempunyai kelenjar minyak dan keringat yang apabila tercampur dengan bakteri akan menimbulkan bau tidak sedap. 

5. Rambut Tidak Bervolume
Rambut yang bersih dan segar tentunya akan mempermudah anda untuk menata gaya rambut sesuai dengan keinginan. Tetapi jika Anda malas mencuci rambut maka rambut akan lepek dan menjadi tidak bervolume. Akibatnya Anda akan sulit menata rambut yang lepek, dan rambut lepek juga akan sangat mengganggu penampilan.

Banyak manfaat yang kita dapatkan dari mencuci rambut. Salah satunya memijat kepala saat keramas, dapat merangsang kulit kepala dan melancarkan peredaran darah. Jika peredaran darah di sekitar kulit kepala terjadi dengan lancar maka suplai nutrisi akan mudah diserap oleh kulit kepala dan hasilnya rambut menjadi sehat alami. (Puput/Inggrid)