Tips Terhindar dari Kaki Kapalan

Tips Terhindar dari Kaki Kapalan
Kaki merupakan bagian tubuh yang kadang terlupakan untuk dirawat kebersihan dan kesehatannya. Bagi para wanita keindahan kaki sangatlah penting guna menunjang penampilan. Mengapa demikian? Karena sebagian besar wanita menggunakan sepatu high heels sebagai alas kaki saat bepergian ke kantor maupun acara pesta. Meski kurang nyaman, mengenakan sepatu hak tinggi akan membuat wanita merasa tampil lebih percaya diri karena kaki akan terlihat jenjang dan cantik.

Terlalu sering menggunakan sepatu high heels dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan masalah pada kaki. Beberapa di antaranya memicu rasa sakit kram pada kaki, nyeri pada tumit bagian belakang dan mata kaki. Selain itu, dapat juga menyebabkan pemendekan otot-otot betis dan kapalan pada kaki. Nah, masalah seperti kapalan pada kaki inilah yang paling sering terjadi akibat pemakaian sepatu high heels terlalu lama. 


Kapalan adalah penebalan atau pengerasan kulit akibat tekanan dan gesekan yang berlebihan. Biasanya dialami karena penggunaan sepatu yang terlalu sempit, sepatu yang terlalu tinggi atau aktivitas  berlebihan yang menimbulkan tekanan terlalu tinggi pada kaki. Sebetulnya, kapalan memang bukan masalah kesehatan kaki yang serius, namun kapalan bisa menimbulkan rasa sakit, bahkan juga dapat menyebabkan infeksi.

Berikut ini ada beberapa tips agar Anda dapat terhindar dari kaki kapalan, meski masih menggunakan sepatu high heels, antara lain: 
  1. 1. Hindari pemakaian alas kaki atau sepatu yang terlalu menjepit jari dan sangat tinggi. Sebaiknya, sesuaikan dengan ukuran kaki dan jangan pilih yang terlalu longgar. 
  2. 2. Rendam kaki dengan air hangat setelah melakukan aktivitas selama kurang lebih 30 menit. Kemudian, kulit kaki digosok dengan sikat atau batu apung agar sel-sel kulit mati yang membentuk kapalan terkelupas secara perlahan. Lakukan secara rutin, ya. 
  3. 3. Oleskan kaki dengan pelembab hand and foot cream karena dapat bantu menjaga kulit tidak kering dan terhindar dari kapalan. Anda bisa menggunakan K-Care Honey & Goat’s Milk Hand & Foot Cream untuk membantu perawatan kaki dan tangan yang mudah meresap ke dalam kulit. Kandungan susu kambing dan madu di dalamnya membuat kulit tetap lembap, serta membantu mencerahkan kulit. 
  4. 4. Perbanyak minum air putih, karena 90 persen tubuh mengandung air. Jika kekurangan air, maka kulit akan terasa kering dan hilang kelembapannya. 
  5. 5. Lakukan pencucian kaki setelah aktivitas dan gunakan K-Care Honey & Goat’s Milk Hand & Foot Cream sebelum tidur saat malam hari. Lalu, kenakan kaus kaki pada saat tidur agar kelembapan kaki tetap terjaga. 
  6. 6. Perbanyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin A, E dan C untuk menjaga kesehatan dan kesegaran kulit, seperti brokoli, paprika, anggur, kiwi, pepaya dan labu kuning. 
  7. 7. Hindari kaki sering terkena panas matahari dan gunakan kaus kaki pada saat memakai sepatu agar tak terkena gesekan dan tekanan pada saat beraktivitas.  


Melakukan berbagai kegiatan dalam kondisi kaki kapalan memang tidak nyaman. Untuk itu, Anda harus pandai dalam memilih alas kaki yang paling sesuai dengan kaki Anda. Kalau pun harus memakai sepatu high heels dalam waktu yang cukup lama, pilihlah yang paling terasa nyaman di kaki saat berjalan. Jangan lupa untuk rutin melakukan tips yang K-LINK berikan tadi, ya! (Diah/Dwita/Marini)