Inilah Cara Angkat Sel Kulit Mati Pada Wajah Secara Alami

Inilah Cara Angkat Sel Kulit Mati Pada Wajah Secara Alami
Memiliki kulit wajah yang halus dan sehat merupakan hal yang didambakan para wanita. Berbagai macam cara akan dilakukan untuk mempertahankan kesegaran, kelembapan dan kecantikan wajah. Namun, aktivitas sehari-hari yang dilakukan baik di dalam maupun luar ruangan ternyata menyulitkan para wanita menghindari kotoran-kotoran yang dapat merusak wajah. Sel kulit pada wajah menjadi cepat mati, kering, rusak, kusam, dan hitam. Perlu dilakukan perawatan agar kulit wajah terbebas dari sel kulit mati sehingga tetap terlihat bersih dan segar. 

Kondisi kulit yang seperti itu tentu mengganggu penampilan, sehingga kepercayaan diri  seorang wanita akan berkurang. Di sisi lain, wajah kusam yang coba diatasi dengan memakai make-up malah memperburuk penampilan. Hal ini karena penumpukan sel kulit mati pada wajah seringkali membuat riasan menjadi tidak menempel. Alih-alih berharap wajah terlihat sempurna, malah sebaliknya. Penumpukan yang ditambah dengan make-up pun mempercepat timbulnya  tanda-tanda penuaan. 


Oleh karena itu, salah satu cara mengatasi sel kulit mati yaitu dengan melakukan eksfoliasi atau pengelupasan. Hal ini karena setiap 28 hari sekali kulit akan mengalami regenerasi, sehingga pengangkatan sel kulit mati melalui facial, masker, dan chemical peeling dapat bekerja secara optimal. Proses eksfoliasi ini berfungsi mengangkat sel kulit mati untuk merangsang produksi kolagen pada kulit dan membuat wajah terlihat lebih segar. 

Namun, Anda tidak boleh asal memilih produk-produk yang dipakai ketika melakukan pengangkatan sel kulit mati. Sebaiknya, hindari pemakaian produk pengangkatan sel kulit mati berbahan kimia karena bisa merusak jaringan sel kulit. Untuk itu, K-LINK telah menyiapkan beberapa tips alami dalam mengangkat sel kulit mati pada wajah. Silahkan disimak, ya!


  • Teh hijau 
  • Teh hijau memiliki kandungan antioksidan alami yang cukup tinggi dan dapat menghilangkan sel kulit mati, sehingga kulit akan terasa halus dan lembut. Kandungan teh hijau juga mampu menyembunyikan noda hitam dan mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan dini pada wajah. Caranya, ambil bubuk teh secukupnya, lalu beri sedikit minyak zaitun dan madu. Kemudian, gosok pada wajah secara perlahan dan bilas dengan air bersih. 
  • Garam laut 
  • Garam memiliki butiran kasar yang baik untuk pengelupasan sel kulit mati pada wajah. Tidak hanya itu, kandungan mineralnya juga membuat kulit terasa halus dan lembut. Untuk menggunakannya, Anda bisa membasuh wajah dengan air hangat terlebih dahulu agar pori- pori kulit terbuka. Lalu, gunakan garam sebagai scrub dan pijat secara perlahan. Setelahnya, jangan lupa bilas kembali dengan air bersih, ya. 
  • Jeruk nipis
  • Jeruk nipis sangat baik bagi kecantikan kulit, salah satunya membantu mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan kulit kusam, kasar, jerawat, dan komedo. Dilansir dari website Kementerian Kesehatan, kandungan senyawa alami dalam jeruk nipis yang disebut alpha hydroxy acids atau AHA bermanfaat baik untuk membantu Anda merawat dan mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di wajah. Dengan demikian, sel kulit mati akan tergantikan oleh sel kulit baru karena kandungan AHA dalam jeruk nipis yang bermanfaat mengangkat sel kulit mati. 

  • Selain itu, asam sitrat yang terkandung dalam kulit jeruk nipis juga berfungsi dalam proses pengelupasan sel kulit mati. Ditambah lagi adanya agen antibakteri alami yang bertugas sebagai exfoliant mampu mengangkat sel kulit mati lebih cepat dan mencegah pori-pori tertutup.

  • Adapun cara pemakaiannya adalah dengan ambil perasan air jeruk nipis, kemudian oleskan ke wajah menggunakan kapas. Lalu, siapkan jeruk nipis setengah bagian dan peras, ambil airnya. Oleskan perasan air jeruk ini ke seluruh bagian wajah yang ada komedonya secara tipis merata. Lakukan cara ini saat mau tidur dan biarkan sepanjang malam. Bilas dengan air ketika bangun pada pagi hari. 
  • Minyak zaitun
  • Manfaat minyak zaitun mungkin sudah banyak diketahui, salah satunya untuk kecantikan dan berbagai masalah kulit. Bahan alami yang sejak zaman Romawi kuno sudah digunakan untuk kecantikan ini, merupakan hasil penggilingan pohon zaitun. Kandungan minyaknya berasal dari lemak, Vitamin E dan K, serta sedikit zat besi. Selain dapat digunakan untuk mengangkat sel kulit mati, minyak zaitun juga bisa digunakan sebagai penghapus sisa make-up, loh. Cara menggunakannya pun mudah, siapkan dahulu minyak zaitun secukupnya, lalu oleskan pada wajah. Pijat secara perlahan dengan lembut ke seluruh bagian wajah, setelahnya diamkan sekitar 10-20 menit, lalu bilas dengan air. 


Sel kulit mati tidak akan terangkat dengan sempurna apabila Anda tak merawat kulit secara maksimal. Agar kulit tak iritasi, jangan lupa gosok wajah secara perlahan dan lakukan secara rutin seperti langkah-langkah di atas sebanyak dua kali dalam seminggu. Selamat mencoba, ya! (Diah/Dwita/Marini)