Penyebab dan Cara Simpel Menghindari Kulit Kering

Penyebab dan Cara Simpel Menghindari Kulit Kering
Hai Mitra K-LINK! Dalam artikel kali ini, kita akan membahas cara merawat dan menjaga kulit agar tidak kering. Pada umumnya, orang-orang berkulit kering dipengaruhi kondisi kesehatan. Selain itu, seringnya beraktivitas di ruangan ber-AC atau terbuka, pola makan dan minum yang kurang baik juga turut memengaruhi. Kulit kering bisa dialami oleh siapapun, tidak hanya dialami oleh seseorang yang berusia lanjut maupun wanita saja karena para pria dan anak-anak remaja pun juga bisa berkulit kering. 

Kulit kering umumnya terdapat di beberapa bagian tubuh, seperti kaki, tangan, dan lengan. Namun, tidak menutup kemungkinan kalau kulit wajah juga bisa kering. Dalam dunia kedokteran, kulit kering disebut xerosis atau xeroderma. Nah, xerosis ini bisa dialami seseorang selamanya maupun beberapa saat saja. Misalnya hanya ketika masih sering beraktivitas di ruangan ber-AC. Lantas, saat sudah tidak banyak menghabiskan waktu di ruangan ber-AC, kulitnya akan kembali seperti semula.  




Biasanya, kulit yang kering akan terasa kasar dan kaku setelah mandi. Tak jarang juga rasa gatal membuat Anda tidak nyaman dan kulit akan terlihat retak yang disertai garis-garis putih muncul. Bahkan, kulit kering ada juga yang terlihat seperti bersisik, mengelupas dan mengeluarkan darah jika terluka. 

Selain beberapa penyebab yang telah disebutkan di atas, kulit pun bisa kering karena hal-hal yang tanpa disadari sering Anda lakukan. Apa saja itu? Simak dalam ulasan ini berikut ini:
  • Iritasi kulit yang disebabkan kain dari pakaian, sabun detejen, pewangi pakaian, dan parfum. Meski sepele, ternyata benda-benda yang sehari-hari digunakan itu bisa membuat kulit Anda kering. Hal ini terjadi karena kandungan bahan-bahannya tidak cocok dengan kulit, sehingga akan membuat kulit menjadi kering. 
  • Kebiasaan menggosok kulit sebenarnya  baik untuk membersihkan tubuh dari kuman-kuman yang menempel. Namun, gesekan-gesekan yang terjadi antara spons sebagai alat menggosok dengan kulit dapat membuat kulit menjadi kering. Kulit pun lambat laun terkikis, apalagi kalau menggosoknya terlalu kencang. 
  • Pemakaian sabun mandi yang kurang tepat juga dapat menyebabkan kekeringan pada kulit. Jangan terbuai dengan kemasan pada iklan yang menarik, wangi sabun, maupun harganya yang murah.  
  • Usia yang bertambah ternyata berpengaruh terhadap semakin menipisnya kulit. Hal ini karena produksi minyak berkurang dan sering mandi memakai air yang terlalu panas membuat kelembapan kulit tak terjaga. 
  • Pengaruh cuaca yang sering berubah juga berdampak pada tingkat kelembapan kulit. Biasanya, semakin rendah kelembapan udara akan membuat kulit terasa kering. Hal ini sering terjadi saat udara dingin.



Untuk mengatasi kulit kering sebenarnya sangat mudah dan sederhana. Beberapa di antaranya dapat Anda lakukan dengan mengubah kebiasaan sehari-hari, antara lain: 
  • Mengubah kebiasan mandi yang terlalu sering dan menghindari memakai air terlalu panas. Mandi memang bagus untuk kebersihan kulit, namun dapat berdampak buruk pada kelembapan kulit. Selain itu, minyak alami yang terdapat pada kulit akan hilang. Mandi memang bermanfaat, tapi harus dijaga juga tingkat kelembapan kulit agar tidak berkurang. 
  • Gunakan sabun yang mengandung pelembab agar kulit tidak kering. Anda dapat gunakan sabun mandi K-Care Honey and Goat Milk Bar Soap  yang mengandung madu dan susu kambing. Sabun ini sangat berguna untuk melembabkan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan kulit kering dan kusam.
  • Pemakaian lotion setelah mandi setiap hari dapat membantu mengembalikan kelembapan kulit yang hilang. Selain itu, terlalu sering beraktivitas di ruangan ber-AC juga membuat kulit kering. Dengan menggunakan K-Care Honey And Goat’s Hand And Body Lotion yang mengandung madu dan susu kambing, kelembapan kulit terjaga karena ternutrisi sangat baik.
  • Perbanyak makan sayur dan buah, olahraga teratur, serta minum air putih minimal 8 gelas sehari. Ini penting karena kesehatan kulit tak hanya terjaga dari luar, tapi juga dari dalam tubuh. Yuk, biasakan pola hidup sehat!
  • Menghindari panas yang berlebihan karena terik matahari pada siang hari bisa berdampak buruk bagi kulit, salah satunya kulit terbakar. Untuk itu, Anda dapat gunakan K-Care Chlorophyll Sun Screen Lotion agar kulit halus dan menjaga kulit dari paparan sinar matahari.
  • Mengonsumsi suplemen dapat membantu menjaga kesehatan kulit seperti K-Liquid Mixed Collagen Drink. Suplemen ini dapat memperbaiki hormon pada wanita usia lanjut agar terjaga kelembapan dan kekenyalan kulit. Anda pun dapat sesekali menyelingkan dengan produk Gamat Ekstract Emulsion yang membantu memperbaiki sel jaringan kulit yang rusak. 
Menjaga kesehatan kulit ternyata sangat mudah. Anda dapat memulainya dari kebiasaan sehari-hari seperti memperhatikan intensitas dan tata cara mandi. Selain itu, membiasakan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam tubuh pun perlu. Supaya kulit tidak kering selamanya, yuk terapkan tips merawat dan menjaga kesehatan kulit tadi. Jangan lupa rutin gunakan dan konsumsi produk-produk K-LINK agar kesehatan kulit selalu terjaga. (Diah/Dwita)