Agar Rambut Panjang Sehat dan Tidak Rontok Lagi, Lakukan Cara Ini

Agar Rambut Panjang Sehat dan Tidak Rontok Lagi, Lakukan Cara Ini
Memiliki rambut yang panjang, sehat, dan berkilau merupakan dambaan setiap wanita. Rambut panjang dianggap bisa menunjang penampilan wanita terlihat lebih feminin dan cantik. Tetapi, banyak wanita khawatir untuk memiliki rambut panjang karena mudah rontok. Dari sekitar 100 ribu helai rambut setiap kulit kepala, ada 50-100 helai rambut yang bisa rontok setiap harinya. Hal tersebut masih berada di dalam batas normal. Namun, jika jumlah rambut yang rontok dalam sehari lebih dari 100 helai, maka itu berarti kerontokan yang dialami sudah parah. Biasanya kerontokan rambut yang parah disebabkan faktor keturunan atau penyakit. 

Pada umumnya, kerontokan rambut terjadi karena kebiasaan-kebiasaan yang tak disadari. Berbagai produk berbahan kimia yang sering digunakan untuk perawatan rambut merupakan salah satu penyebabnya. Selain itu, alat pengering rambut seperti hair dryer dan cara menyisir rambut yang salah juga membuat kerontokan tak kunjung berhenti. Untuk mengetahui seperti apa kerontokan rambut selengkapnya, simak penjelasan penyebab rambut rontok lebih dalam berikut ini:  

  1. 1. Bahan kimia
  2. Penggunaan bahan kimia saat mewarnai rambut, meluruskan atau mengeritingkan dapat menjadi penyebab kerontokan pada rambut panjang. Kerontokannya memang tak langsung terjadi setelah penggunaan bahan kimia pada perawatan rambut. Hal ini karena rambut akan  rontok setelah beberapa bulan dari pemakaian produk berbahan kimia. Rambut yang sering terkena bahan kimia, lambat laun akan semakin berkurang kekuatannya dan mudah patah. 

  3. Tidak hanyak merontokan, pewarna rambut juga bisa menimbulkan kanker. Hal ini diungkapkan para peneliti dari Leeds University kalau senyawa kimia pada pewarna rambut permanen yang bereaksi dengan asap rokok dan polusi bisa meningkatkan risiko kanker. Senyawa kimia ini akan diserap kulit dan menempel pada rambut selama berminggu-minggu hingga bertahun-tahun. 

  4. Selain merontokan dan meningkatkan risiko kanker, pewarna rambut berpotensi menyebabkan alergi. Biasanya yang akan dialami jika alergi yaitu merasakan nyeri di sekitar garis rambut atau wajah. Namun, bisa juga wajah menjadi bengkak karena penggunaan produk pewarna rambut. 

  5. 2. Penggunaan hair dryer
  6. Setelah mencuci rambut, biasanya Anda yang berambut panjang tidak sabar menunggu rambut sampai kering dengan sendirinya. Padahal, ketika kita memiliki rambut panjang, harus ekstra bersabar untuk menunggu rambut kering dengan sendirinya yang memakan waktu lebih lama. Oleh karena itu, banyak orang menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut. Namun, penggunaan hair dryer terlalu sering dapat menyebabkan rambut panjang menjadi rontok karena suhunya panas. Jadi, usahakan tidak terlalu sering menggunakan hair dryer jika ingin rambut Anda tetap sehat dan tidak mudah rontok. 

  7. 3. Bertambahnya usia
  8. Sebetulnya, rambut rontok akan dialami siapapun saat usia semakin bertambah. Proses penuaan ini memang bisa dicegah selama Anda merawat rambut dengan baik. Jika tidak, rambut akan semakin menipis. Apalagi kalau sejak muda sudah sering memakai produk-produk berbahan kimia, maka kerontokan saat usia lanjut pun sulit dihindari.  

  9. 4. Penyakit
  10. Gangguan kesehatan tertentu, terutama yang melibatkan tirod, menjadi penyebab rambut panjang rontok karena kondisinya menjadi sangat rapuh. Tidak hanya mengalami kekurangan gizi untuk tumbuh kuat dan panjang, tapi pengobatan jangka panjang dapat mempercepat fase rambut menuju masa kerontokan. Begitupun saat Anda melakukan diet ketat, karena rambut kekurangan zat-zat dan protein yang dibutuhkannya sehingga terjadilah kerontokan. 

  11. 5. Perawatan yang salah
  12. Merawat rambut dengan cara yang salah juga menjadi pemicu terjadinya rambut rontok. Beberapa perawatan rambut yang salah yaitu menyisir rambut dalam keadaan basah, terlalu sering menyisir, menggunakan conditioner sampai ke kulit kepala, dan memakai produk yang tidak sesuai dengan kebutuhan rambut. 

Dalam rangka membantu menyehatkan rambut, Anda dapat memakai produk berkualitas K-Care Paradiso. K-Care Paradiso memiliki rangkaian perawatan untuk menyuburkan rambut dan mencegah kerontokan. Kandungan yang terdapat di dalamnya sangat baik untuk menyehatkan rambut Anda, antara lain:
  • Sappora untuk  mempercepat pertumbuhan rambut dan mengaktifkan sirkulasi darah.
  • Urang aring sebagai penyubur rambut.
  • Ginseng mengandung ginsenosida sebagai penguat akar rambut.
  • Olive oil mengandung protein nabati untuk menguatkan rambut.
  • Capsicum ekstrak mencegah kerontokan rambut.

K-Care Paradiso terdiri dari tiga rangkaian yaitu K-Care Paradiso Shampoo untuk membersihkan rambut sampai dengan kulit kepala, K-Care Paradiso Conditioner untuk menutrisi batang rambut, dan K-Care Paradiso Hair Vitamin untuk menutrisi dari akar hingga ujung rambut.
Cara penggunaan rangkaian K-Care Paradiso:
  • Basahkan rambut, kemudian usapkan K-Care Paradiso Shampoo pada rambut dan kulit kepala hingga berbusa sambil dipijat-pijat lembut menggunakan ujung jari. Bilas dengan air hingga bersih. 
  • Setelah memakai shampoo, gunakan K-Care Paradiso Conditioner yang diusapkan pada batang rambut (jangan gunakan sampai ke kulit kepala). Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas hingga bersih. 
  • Gunakan K-Care Paradiso Hair Vitamin setelah keramas atau setelah rambut mengering dan tidak perlu dibilas. 

Selain merawat rambut dengan rangkaian K-Care Paradiso, Anda juga harus memerhatikan gaya hidup sehari-hari. Mulai dari mengonsumsi makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, menghindari bahan kimia untuk perawatan rambut, hingga rutin memotong ujung rambut yang bercabang agar rambut senantiasa sehat dan indah. (Puput/Dwita/Marini