Cara Cepat Memanjangkan Rambut Secara Alami

Cara Cepat Memanjangkan Rambut Secara Alami
Rambut adalah salah satu aset berharga untuk setiap orang terutama untuk para wanita. Dalam kehidupan sosial, rambut menjadi senjata untuk menunjang penampilan. Pasalnya para wanita yang berambut panjang dinilai lebih feminim dan anggun daripada wanita yang berambut pendek. Walaupun gaya rambut pendek sempat menjadi tren beberapa tahun terakhir ini, tetapi hingga sekarang masih cukup banyak wanita Indonesia yang mendambakan rambut panjang yang indah terurai. Banyak dari mereka yang sulit untuk mendapatkan rambut yang panjang dan sehat, mungkin karena berbagai masalah rambut yang mereka alami menjadi penghambat pertumbuhan rambut yang sehat misalnya seperti kerontokan, ketombe, kering dan rambut bercabang.

Beberapa faktor juga dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut misalnya faktor usia, diet, serta ketidakseimbangan hormonal yang tidak tepat dapat membuat pertumbuhan rambut menjadi terhambat.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil maksimal, salah satunya dengan mengeluarkan banyak uang untuk membeli obat penumbuh rambut serta perawatan yang mahal. Tetapi dengan melakukan berbagai perawatan yang mahal justru akan membuat rambut menjadi rusak atau tidak sehat, karena pada produk perawatan tersebut umumnya mengandung bahan-bahan kimia yang dapat merusak rambut jika digunakan terus menerus. Impian untuk mendapatkan rambut panjang berkilau pun hanya tinggal impian. Jika ada cara yang dapat membuat rambut panjang berkilau secara alami, kenapa harus melakukan perawatan yang dapat merusak rambut? Lalu bagaimana cara untuk mendapatkan rambut yang panjang berkilau secara alami? Simak tips berikut ini:

1.    Kurangi penggunaan alat penata rambut



Alat penata rambut seperti hair dryer, catokan dan pengeriting rambut memang dapat mempercantik tatanan rambut. Namun jika alat-alat tersebut terlalu sering digunakan, justru akan merusak rambut. Rambut akan menjadi rapuh sehingga mudah patah dan rontok. Tekanan panas yang dihasilkan juga akan menghambat pertumbuhan rambut dalam jangka panjang.


2.    Gunakan conditioner



Penggunaan conditioner secara rutin selain menutrisi rambut juga dapat membantu memanjangkan rambut dengan cepat. Selain itu, conditioner juga dapat menjaga kelembapan rambut sehingga terhindar dari kerusakan seperti rambut kering, rapuh dan kusam. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan conditioner setelah keramas, minimal 2 kali dalam seminggu.

Baca Juga : Inilah Kesalahan - Kesalahan Dalam Merawat Kulit Wajah!


3.    Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein



Selain menjaga kesehatan dari luar, rambut juga perlu dirawat dari dalam. Apa yang kita konsumsi dapat mempengaruhi kesehatan rambut kita. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi makanan yang kaya akan protein agar folikel rambut Anda mendapatkan nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkannya dalam mendukung pertumbuhan rambut. Selain mempercepat panjangnya rambut, makanan dengan kandungan protein tinggi seperti susu, kacang-kacangan dan daging juga akan menjaga rambut Anda tetap sehat dan tidak mudah rusak.


4.    Perawatan dengan bahan alami

Cobalah untuk menggunakan bahan-bahan alami, seperti :

#    Minyak zaitun



Minyak zaitun memang mempunyai segudang manfaat, baik untuk kesehatan tubuh atau kecantikan seperti halnya mengatasi rambut kering, mengurangi kerontokan, serta mempercepat pertumbuhan rambut. Kandungan nutrisi yang terkandung di dalam minyak ini mampu merangsang pertumbuhan rambut serta memperkuat sampai ke akarnya. Bagi yang ingin memiliki rambut panjang yang lebat dan sehat, minyak ini dapat dijadikan solusi yang tepat untuk Anda. Caranya, teteskan minyak zaitun secukupnya pada rambut dan kulit kepala yang bersih, pijat dengan lembut agar minyak zaitun meresap pada pori-pori kulit dengan baik. Diamkan semalaman dan keesokan harinya cuci rambut kembali hingga bersih.


#    Santan



Santan merupakan salah satu bahan alami kaya nutrisi yang tidak hanya enak diolah jadi masakan, tapi juga untuk kesehatan rambut. Menurut Dr. Blossom Kochhar, santan menjadi bahan alami paling efektif menumbuhkan rambut karena kaya vitamin E, zat besi, potassium/kalium, dan berbagai lemak esensial yang baik untuk rambut.  Caranya, ambil santan kental dari kelapa kurang lebih 100 ml, oles merata pada kulit kepala dan rambut sambil memijat kulit kepala. Tutup rambut yang sudah basah dengan santan menggunakan handuk kering. Biarkan sampai 4-5 jam lamanya sehingga santan meresap ke kepala, kemudian bilas rambut sampai bersih dengan air hangat kuku. Jika masih berminyak, baru keramas dengan sedikit shampo.


#    Teh hijau



Selama ini manfaat teh hijau hanya diketahui untuk tubuh. Padahal kandungan antioksidan dalam minuman ini juga baik untuk rambut. Teh hijau merupakan salah satu bahan alami untuk mempercepat memanjangkan rambut, hal ini karena teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga bermanfaat untuk membuat sirkulasi darah menuju rambut menjadi lebih baik. Teh hijau juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat dan sehat. Seduh teh hijau, kemudian balurkan pada kulit kepala dan seluruh rambut secara merata. Lalu bungkus rambut menggunakan handuk, setelah sekitar 20 menit baru bilas hingga bersih.


#   Lidah buaya



Khasiat lidah buaya dalam menutrisi dan menyehatkan rambut memang sudah tidak diragukan lagi. Tidak heran jika banyak produk perawatan rambut yang menggunakan tanaman yang satu ini sebagai bahan dasar pembuatan produknya. Namun untuk mendapatkan manfaatnya secara lebih maksimal, akan lebih baik jika Anda menggunakan lidah buaya secara langsung, bukan menggunakan produk-produk perawatan rambut yang mengandung tanaman tersebut. Cara penggunaannya pun sangat mudah, cukup kupas lidah buaya dan ambil gelnya. Kemudian oleskan gel tersebut ke kulit kepala dan rambut Anda. Diamkan sekitar 20-30 menit, lalu bilas hingga bersih. Untuk hasil maksimal, Anda bisa menambahkan beberapa tetes madu pada gel lidah buaya sebelum dioleskan pada kulit kepala.


#     Air kelapa



Air kelapa kaya akan kandungan protein, kalium, serta zat besi sehingga dapat digunakan oleh orang lanjut usia sebagai bahan untuk perawatan rambut secara alami. Gunakan air kelapa pada rambut secara merata dan biarkan hingga semalaman, untuk dapat membantu pertumbuhan rambut dan memperkuat rambut. Kemudian setelah itu bilas dengan shampo agar rambut tidak menjadi lengket. Gunakan secara rutin minimal 2 hari sekali untuk hasil lebih baik.


#    Putih Telur



Gunakan bagian putih telur yang memiliki kandungan protein yang tinggi serta dapat bermanfaat untuk membantu pembentukan rambut baru. Selain itu, pertumbuhan rambut juga akan menjadi lebih cepat. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan pada rambut Anda selama 15 menit secara menyeluruh dan merata, kemudian bilas sampai bersih supaya tidak menimbulkan bau. Bisa juga putih telur tersebut dicampur dengan minyak zaitun agar hasilnya menjadi lebih maksimal.

Itulah beberapa cara cepat untuk memanjangkan rambut secara alami. Lakukan secara rutin agar dapat membuahkan hasil terbaik. Selamat mencoba! (Puput/Marini)

Artikel Rekomendasi : 5 LANGKAH MUDAH MENJAGA KEINDAHAN MAHKOTA ANDA