Inilah Kesalahan - Kesalahan Dalam Merawat Kulit Wajah!

Inilah Kesalahan - Kesalahan Dalam Merawat Kulit Wajah!
Kulit wajah selalu menjadi prioritas utama yang diperhatikan oleh semua orang, terutama bagi kaum hawa. Tak heran para wanita akan melakukan apa saja untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajahnya. Namun terkadang, alih-alih mendapatkan kulit wajah yang sehat dan cantik malah membuat wajah Anda jadi bermasalah bila Anda melakukan kebiasaan-kebiasaan yang salah dalam  merawat kulit wajah.

Harapan untuk mendapatkan wajah awet muda dan bercahaya bisa sirna bila Anda melakukan kesalahan-kesalahan seperti di bawah ini:

Baca juga: Rahasia Kulit Sehat


1.    Tidak Mencuci Tangan Sebelum Membersihkan Wajah




Banyak penelitian yang menyatakan bahwa ribuan bakteri dan kuman menempel pada tangan. Karena itu kita perlu mencuci tangan sebelum melakukan apapun, terlebih pada saat membersihkan wajah.  Dari tanganlah dapat  terjadi penularan bakteri yang bisa menyebabkan jerawat dan iritasi pada wajah.


2.    Mencuci Wajah Sebelum Membersihkan Make-up




Pembersihan tidak akan maksimal bila hanya menggunakan sabun wajah, terlebih untuk Anda yang menggunakan make-up. Sebaiknya bersihkan wajah terlebih dahulu dengan Eye make-up remover dan susu pembersih untuk mengangkat sisa-sisa make-up pada wajah Anda. Setelah itu, cuci wajah dengan sabun wajah dan bilas dengan air.


3.    Mencuci Wajah Menggunakan Air dengan Suhu Tinggi




Hindari kebiasaan mencuci wajah dengan air hangat cenderung panas. Memang biasanya akan lebih nyaman saat kita mencuci wajah dengan air hangat, namun hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan dehidrasi. Akibatnya, akan sangat mudah timbul kerutan dan bintik-bintik hitam pada wajah. Tidak hanya itu saja, proses perbaikan kulit akan semakin lambat, karena bekas-bekas jerawat akan sulit hilang.


4.    Terlalu Sering Mencuci Wajah atau Hanya Satu Kali Sehari



Membersihkan wajah memang perlu, tetapi tidak perlu terlalu sering karena dapat menghilangkan kelembapan kulit. Cukup bersihkan wajah dua kali sehari pada pagi dan malam hari setelah beraktifitas.


5.    Menggunakan Produk Perawatan yang Tidak Sesuai Jenis Kulit



Setiap orang memiliki jenis kulit dan masalah yang berbeda, oleh karena itu kita harus mengenali terlebih dahulu jenis kulitnya agar dapat menentukan produk yang tepat bagi kulit wajah kita. Hal ini sangat penting agar dapat merawat dan menutrisi kulit dengan maksimal sesuai dengan kebutuhannya sehingga kulit wajah akan nampak lebih sehat dan senantiasa awet muda.


6.    Menggunakan Produk Wajah Dengan Kandungan Bahan Kimia



Hal inilah yang terkadang terlupakan bahwa penggunaan produk berbahan kimia berlebihan dapat mengakibatkan efek samping yang merugikan kita. Keinginan untuk mendapatkan hasil instan membuat kita mengabaikan efek samping yang akan timbul di kemudian hari. Sebaiknya, gunakan produk-produk perawatan wajah yang berasal dari bahan alami yang jauh lebih aman dan baik untuk kesehatan kulit dan tubuh.


7.    Terlalu Sering Exfoliate



Exfoliating atau pengikisan atau sering kita anggap sebagai pengangkatan sel kulit mati dengan scrub halus atau dengan bantuan semacam asam memang sebaiknya dilakukan. Tapi tidak boleh terlalu sering karena kulit menjadi lebih tipis dan sensitif. Kulit baru akan tumbuh pada 20-28 hari sekali. Jadi tidak perlu mengikis kulit terlalu sering, cukup 1-2 kali seminggu dengan scrub wajah yang lembut atau 2 minggu sekali dengan alat microdermabrasi.


8.    Sering Menggosok Wajah




Kulit wajah merupakan bagian kulit yang tipis dan sensitif. Karena itu kita perlu memberikan perlakuan khusus dan lebih lembut terhadap kulit wajah. Hindari menggunakan kain atau handuk yang berbahan kasar, karena akan menyebabkan kulit wajah menjadi tertarik dan kemerahan yang dapat mengakibatkan kulit menjadi lebih kendur.


9.    Melupakan Moisturizer



Kulit butuh kelembapan yang cukup agar tetap kencang dan kenyal. Oleh karena itu jangan lupa menggunakan moisturizer atau pelembap wajah setelah pembersihan wajah.


10.    Mengabaikan Tabir Surya



Tabir surya untuk wajah sangat penting untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari. Sinar UV A dan UV B memiliki efek tidak baik untuk kulit yang dapat mengakibatkan penuaan dini pada wajah seperti keriput dan flek hitam pada wajah. Selalu gunakan tabir surya setelah pelembap dengan minimal SPF 15 setiap hari.


11.    Begadang




Kurang tidur akan mengganggu proses regenerasi pada kulit wajah, sehingga pergantian kulit baru dan perbaikan sel-sel tidak akan terjadi. Hasilnya kulit akan jadi lebih kusam, kering dan tidak segar. Bila dilakukan dalam jangka waktu lama, akan mengakibatkan penuaan dini pada kulit wajah.


12.    Merokok




Semua orang sudah paham bahwa rokok tidak baik untuk kesehatan, begitu pun untuk kulit. Asap rokok merupakan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini pada kulit.


13.    Kurang  Minum Air Putih




Selain untuk menghilangkan haus, meminum air putih juga banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh dan kulit. Bila kekurangan minum air putih, akan membuat kulit menjadi kering dan dehidrasi yang dapat mengurangi kelembapan dan elastisitas kulit.

Setelah melihat deretan kesalahan dalam merawat wajah yang sering dilakukan banyak orang di atas, adakah diantaranya yang pernah Anda lakukan? Sebaiknya Anda mulai mengurangi kebiasaan buruk tersebut bila tidak mau wajah Anda menua lebih cepat atau malah terjadi masalah kulit yang lebih parah.

Lakukan pola hidup sehat dan kebiasaan-kebiasaan yang lebih sehat dengan tidak mengabaikan hal-hal sepele yang dapat berefek besar untuk kesehatan dan kecantikan kulit Anda. (Trisna/Marini)

Artikel Rekomendasi : DIET SEHAT & AMAN DENGAN ORGANIK