Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Bagi penduduk Indonesia pastinya sudah tidak asing lagi dengan tumbuhan jenis rerumputan dan berakar serabut ini yang juga dapat digunakan untuk bumbu masakan khas Indonesia yaitu daun serai atau biasa disebut dengan sereh. Selain untuk bumbu masak, serai yang menghasilkan aroma masam seperti lemon sehingga dapat menambah cita rasa masakan ini, banyak juga manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan tubuh.

Daun serai dapat dimanfaatkan untuk kesehatan sehingga tidak heran daun serai sering kali dibuat ramuan obat-obatan herbal untuk berbagai macam penyakit. Selain itu, daun serai juga baik digunakan untuk kecantikan kulit. Meminum teh serai dapat membantu meningkatkan peredaran darah, menghambat penuaan dini dan flek, membantu mengatasi masalah jerawat, eksim, dan psoriasis.

Sejak dulu, teh serai sudah digunakan sebagai obat untuk melegakan sesak dada, pilek, dan batuk. Selain itu, juga dapat membantu meringankan masalah menstruasi seperti kram dan mual. Banyak sekali manfaat dari daun serai untuk pengobatan herbal seperti berikut ini:


•    Sebagai anti kanker



Berdasarkan penelitian, citral yang terkandung dalam serai merupakan zat anti kanker yang dapat membunuh sel kanker dan tetap menjaga jaringan yang sehat dalam tubuh. Meskipun meminum rebusan air serai tidak dapat menyembuhkan kanker secara permanen, namun dapat membantu meringankan kanker yang diderita.


•    Sebagai detoksifikasi



Antioksidan atau antiseptik dan efek uretik dari serai dapat membantu membersihkan dan memurnikan hati, ginjal, kandung kemih, serta pankreas dan meningkatkan peredaran darah.


•    Mengurangi kolesterol



Zat anti kolesterol dan anti aterosklerosis dalam serai membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari usus serta oksidasi kolesterol jahat (LDL) dalam darah sehingga mencegah proses awal pembentukan plak ateroslerotik.


•    Menurunkan berat badan



Mengonsumsi teh serai dapat membantu mencairkan lemak. Selain itu, efek diuretik pada serai juga dapat melancarkan BAB dalam jumlah tinggi, sehingga efektif cepat untuk menurunkan berat badan.


•    Anti inflasmasi dan antiseptik



Selain sebagai anti inflamasi dan antiseptik, jus serai dapat digunakan juga sebagai pengobatan arthristis asam urat dan radang saluran kemih.


•    Sebagai obat batuk



Caranya : Cuci 5 gram daun serai lalu rebus dengan segelas air. Tunggu selama 15 menit. Kemudian saring air rebusan tersebut dan bagi menjadi 2  gelas untuk dikonsumsi pada pagi dan sore hari.

Tidak hanya dapat diolah menjadi teh sebagai obat herbal segala macam penyakit, namun serai  dapat juga dijadikan minuman segar dengan menambahkan es batu.

Tips membuat teh serai adalah sebagai berikut :
>   Kupas dan buang lapisan kulit luarnya agar teh tidak terasa pahit, lalu keprek atau sedikit ditumbuk.
>   Rebus air dan masukkan beberapa serai tadi. Biarkan air mendidih pada api kecil selama 20 menit.
>   Tambahkan gula dan didihkan selama 5 menit. Jika Anda suka tambahkan dengan susu. Hidangkan selagi hangat dengan ditambah madu.


•    Sebagai bahan kosmetik



Daun serai juga mulai digunakan dalam bidang kosmetik untuk memperindah kulit. Kosmetik yang mengandung daun serai dapat menghilangkan jerawat dan berfungsi sebagai penyegar muka. Sementara vitamin A dalam daun serai bermanfaat untuk membantu mencerahkan kulit, lemon grass yang terkandung dalam serai dapat digunakan untuk mengontrol keringat berlebihan yang dapat mengurangi resiko bau badan.

Ternyata Indonesia kaya sekali akan rempah-rempah sebagai ramuan herbal, yang dapat digunakan bukan hanya untuk masakan akan tetapi juga sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit. Bagi Anda yang memiliki keluhan penyakit seperti di atas, silakan mencoba tips yang sudah diberikan. Semoga cepat sembuh, ya! (Diah/Marini)