Khasiat Buah Delima Bagi Kesehatan Wanita

Khasiat Buah Delima Bagi Kesehatan Wanita
Buah yang satu ini banyak kita jumpai di Indonesia namun mungkin tidak banyak orang yang mengetahui tentang manfaat dan khasiatnya. Yak, buah delima ini ternyata mengandung banyak serat, protein, vitamin C, vitamin K, folat, kalium dan gula alami. Selain itu, delima juga memiliki kandungan punicalagin dan asam punicic yang berguna untuk mencegah penyakit jantung, kanker, infeksi bakteri dan alzheimer. Kandungan dari punicalagin dapat mencegah atau memperlambat perkembangan peradangan sel-sel otak yang menyebabkan parkinson (alzheimer). Disamping manfaatnya untuk kesehatan, ternyata kulitnya pun sangat berkhasiat untuk kecantikan, lho!

Mungkin orang jarang melirik dan mengonsumsi buah yang satu ini dikarenakan bentuk dan isi buahnya yang tidak memiliki banyak daging buah serta rasanya yang agak asam. Padahal, buah delima ini mengandung berbagai khasiat dan kaya sekali akan manfaat. Selain mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh serta memiliki antioksidan tiga kali lipat lebih besar dari teh hijau dan jeruk, buah delima juga memiliki anti mikroba serta anti inflamasi yang sangat bermanfaat bagi kecantikan sebagai anti penuaan.


Baca Juga : 9 Manfaat Buah Lemon Untuk Kecantikan yang Belum Tentu Anda Ketahui


Tidak hanya bagian isi buahnya saja yang bisa dikonsumsi, akan tetapi bagian kulit delima ini pun memiliki khasiat untuk kecantikan wanita. Ketika mengonsumsi buah delima, jangan langsung membuang kulitnya. Kulit delima bisa dimanfaatkan untuk bahan kecantikan dengan cara menjemurnya sampai kering. Setelah benar-benar kering, baru dapat ditumbuk menjadi bubuk halus lalu simpan di wadah kedap udara dan bisa digunakan untuk berbagai ramuan kecantikan yang dapat dipakai berulang kali. Manfaat dan khasiat bubuk delima untuk kecantikan adalah seperti berikut ini:

1. Menghilangkan jerawat dan kulit kemerahan



Kulit delima kaya akan antioksidan dan efektif untuk mengempeskan jerawat sehingga bakteri tidak bersarang di wajah. Caranya adalah dengan menyampurkan bubuk kulit delima dengan perasan jeruk lemon atau bisa dengan air mawar lalu diaplikasikan di wajah terutama pada bagian area yang berjerawat.


2. Mencegah kerontokan dan ketombe



Selain untuk wajah, bubuk kulit delima pun memiliki manfaat bagi kulit kepala. Caranya dengan menyampurkan bubuk kulit delima dan minyak zaitun atau minyak kelapa murni (Virgin Coconut Oil), bisa juga dengan campuran krem rambut. Oleskan sampai akar rambut dan dipijat ringan setelah itu diamkan kurang lebih 30 menit/ 1 jam lalu bilas dengan shampoo.


3. Sebagai pelembab alami



Zat yang terdapat pada kulit delima membantu mengembalikan keseimbangan PH kulit. Zat asam ellagic-nya mempertahankan kelembapan dan menjaga PH kulit agar tetap halus. Sebanyak 1 sendok bubuk delima bisa dicampurkan dengan yoghurt untuk dijadikan masker. Oleskan sampai keleher dan diamkan kurang lebih 10 menit setelah itu basuh dengan air dingin.


4. Sebagai scrub wajah



Bubuk kulit delima dapat mengangkat sel kulit mati dan membersihkan komedo di wajah. Cukup campurkan satu sendok bubuk delima dengan gula merah, 1 sendok madu, dan 1 sendok minyak nabati, lalu gosokkan dengan lembut dikulit wajah sambil dipijat. Kemudian bilas  dengan air dan lanjutkan dengan pemakaian toner.

Selain itu, minyak biji delima bermanfaat dan berkhasiat pula untuk melindungi kulit dari sinar matahari, melawan radikal bebas, membantu mencegah kanker kulit, dan sebagai anti penuaan yang disebabkan karena paparan sinar matahari. Tidak hanya itu saja, nutrisi dari buah delima juga dapat mengatasi terjadinya keriput serta garis-garis halus dan noda hitam pada wajah. Sementara minyak buah delima dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan regenerasi sel pada lapisan kulit epidermis dan lapisan dermis, serta membantu mengembalikan penyembuhan luka pada kulit.

Para ibu hamil juga dapat memperoleh nutrisi dan kandungan vitamin dari buah delima yang mampu membantu pencegahan penyakit selama kehamilan karena mengandung antioksidan yang tinggi sehingga mencegah radikal bebas. Biasanya para ibu hamil cenderung memiliki permasalahan masalah gigi dan gusi, dengan mengonsumsi buah delima setiap harinya dapat mengurangi timbunan plak pada gigi.

Begitu besar manfaat buah delima ini terutama bagi kaum wanita antara lain sebagai anti kanker karena buah delima efektif membunuh sel kanker. Para wanita biasanya juga lebih rentan terkena penyakit jantung setelah menopause, maka konsumsilah buah delima untuk membantu mengurangi kadar kolesterol yang mengakibatkan gangguan jantung. Karena satu buah delima mengandung 45% serat, maka buah delima yang kaya serat ini baik untuk memperlancar proses pencernaan dan buang air besar.

Manfaat lain dari buah delima adalah sebagai anti inflamasi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap rheumatoid arthritis dan osteoarthritis (radang sendi). Begitu besar khasiat dan manfaat buah delima tidak kalah dengan buah-buahan lainnya, bukan? Walau terlihat sederhana akan tetapi kandungan yang terdapat didalamnya begitu besar, jadi ayo mengonsumsi  buah yang satu ini untuk kesehatan. Selamat mencoba! (Diah/Marini)

Artikel rekomendasi    : 6 Efek Buruk Gula Bagi Kecantikan