Begini Cara Mudah Rawat Rambut Berwarna

Begini Cara Mudah Rawat Rambut Berwarna
Rambut yang diwarnai membutuhkan perawatan khusus agar warnanya tetap terjaga dengan baik. Karena jika tidak dirawat, rambut berwarna akan mudah rusak, juga warna mudah pudar. Itu sebabnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam teknik merawat rambut yang diwarnai, dan kami punya langkah mudah perawatannya.

Mewarnai rambut merupakan salah satu cara tercepat untuk mengubah penampilan. Jika dulu banyak orang yang mewarnai rambutnya hanya untuk menyamarkan uban agar penampilan terlihat lebih muda, berbeda dengan saat ini yang memang mewarnai rambut untuk mengubah penampilan menjadi lebih trendy, tidak hanya dengan warna hitam tetapi dengan berbagai macam pilihan warna. Memilih warna yang cerah pun tidak masalah selagi warna tersebut cocok dengan kulit Anda, sehingga tidak mengganggu penampilan. Selain itu, pastikan keadaan rambut Anda cukup sehat, karena bahan kimia berat pada cat rambut dapat merusak batang rambut.

Baca juga    : Tips Mengatasi Rambut Rontok


Kunci dari kesuksesan mewarnai rambut adalah pastikan bahwa kita memiliki rambut yang sehat. Cat rambut akan bekerja dengan baik pada rambut yang sehat, sehingga warna yang anda pilih akan bertahan lebih lama dan lebih tampak jelas. Sebaliknya, bila kondisi rambut anda kurang baik, penggunaan cat rambut justru akan membuat rambut semakin rusak kondisinya. Memiliki rambut yang diwarnai butuh perawatan khusus agar rambut tetap sehat dan warna pada rambut tidak mudah pudar. Berikut adalah langkah mudah untuk merawat rambut berwarna yang bisa Anda lakukan dirumah :


1. Jangan langsung mencuci rambut



Setelah rambut diwarnai jangan langsung mencucinya, beri waktu 2-3 hari untuk mencuci rambut, hal ini dilakukan agar warna yang diberikan pada rambut dapat meresap dengan baik. Perlu diperhatikan juga untuk tidak terlalu sering mencuci rambut agar warna rambut tidak mudah pudar.


2. Cuci rambut dengan air dingin



Keramas dengan menggunakan air dingin dapat menjaga kutikula rambut, sehingga rambut lebih halus dan sehat. Jika memakai air hangat justru akan menghilangkan kelembapan rambut dan membuat rambut menjadi kering


3. Gunakan produk yang tepat
Pemilihan produk yang tepat untuk jenis rambut yang diwarnai sangatlah penting. Rambut yang diwarnai memerlukan produk yang khusus agar warna pada rambut tetap terjaga dan rambut pun tetap sehat. Untuk merawat rambut pewarnaan Anda, bisa gunakan rangkaian perawatan rambut dari K-Care yaitu K-Wonderland Care. K-Wonderland Care cocok untuk perawatan rambut rusak akibat pewarnaan dengan kandungan :

•    Olive Oil, mengandung linoleic acid untuk menyuburkan dan menguatkan akar rambut
•    Aloe Vera, untuk melembabkan rambut
•    Arginine, yang berfungsi untuk mencegah rambut rontok dan membantu pertumbuhan rambut
•    VCO (Virgin Coconut Oil), untuk menghaluskan dan memperbaiki struktur rambut yang rusak, melembabkan rambut yang kering, mencegah rambut bercabang, dan membuat rambut tampak berkilau

K-Wonderland Care mempunyai tiga rangkaian yaitu shampoo, conditioner dan hair vitamin.



#    K-Care Wonderland Care Shampoo memberi nutrisi pada rambut kering juga pecah-pecah karena proses pewarnaan. Cara pemakaiannya, basahi rambut  kemudian usapkan secara merata pada rambut dan kulit kepala hingga berbusa sambil dipijat-pijat lembut. Bilas dengan air hingga bersih
#    K-Care Wonderland Conditioner memberi nutrisi pada rambut agar lebih lembut, halus dan memperbaiki rambut rusak akibat pewarnaan. Cara penggunaannya usapkan secara merata pada batang rambut setelah keramas, lalu bilas dengan air hingga bersih. Hindari pemakaian dikulit kepala.
#    K-Care Wonderland Care Hair Vitamin membantu melindungi rambut agar tetap sehat dan terjaga kelembapannya sehingga menjadi lebih halus dan lembut. Cara penggunaanya usapkan pada rambut secara merata. Gunakan setelah keramas atau setelah rambut dikeringkan.


4. Lindungi rambut



Jika mengharuskan untuk beraktifitas diluar ruangan, lindungi rambut dengan penutup kepala seperti topi atau scraf. Efek buruk dari sinar matahari dapat membuat warna rambut cepat pudar dan rambut menjadi kering dan kusam. Atau jika pada saat berolahraga seperti berenang juga wajib mengenakan shower cap agar rambut terhindar dari zat klorin karena zat klorin juga dapat membuat rambut kering dan dapat memudarkan warna rambut.


5. Hindari penggunaan penata rambut terlalu sering



Rambut yang diwarnai memang lebih rentan pada proses penataan rambut seperti menggunakan hair dryer atau catokan rambut. Jika memang tidak terlalu diperlukan sebaiknya hindari penggunaan alat penata rambut tersebut, tetapi jika memang diharuskan untuk memakai alat penata rambut sebaiknya gunakan serum atau vitamin rambut sebelum menata rambut.

Untuk Anda yang memiliki rambut berwarna atau yang hendak ingin melakukan pewarnaan pada rambut tetapi khawatir rambut akan rusak, jangan khawatir karena ada rangkaian K-Wonderland Care yang dapat merawat rambut Anda tetap sehat dan indah meski dalam pewarnaan. (Puput/Inggrid)

Artikel Rekomendasi :Tips Merawat Rambut Untuk Wanita Berhijab