5 Tips Mengatasi Masalah Keputihan

5 Tips Mengatasi Masalah Keputihan
Meskipun letaknya tersembunyi, organ kewanitaan merupakan salah satu organ yang harus dirawat dan dijaga kebersihannya bila tidak mau berujung fatal. Bahan-bahan alami dapat dipilih untuk menjaga organ intim wanita bila sedang keputihan yang tentunya lebih sehat dan aman, ketimbang obat-obat kimia yang banyak dijual di pasaran.

Sebagai seorang wanita, sudah seharusnya kita memperhatikan kesehatan dan kebersihan organ intim karena organ intim kewanitaan adalah bagian tubuh yang sangat sensitif dan perlu dijaga kebersihannya setiap saat. Organ intim tidak hanya berfungsi sebagai alat reproduksi, akan tetapi juga berfungsi sebagai tempat pembuangan kotoran.

Sama dengan organ tubuh lainnya, organ kewanitaan juga sangat beresiko terjadinya gangguan dan masalah, yang dapat ditimbulkan oleh banyak faktor. Ada banyak permasalahan yang dialami oleh wanita terkait organ intim ini, namun banyak wanita yang cenderung menyembunyikannya karena malu. Sementara masalah paling umum terkait organ intim yang dialami wanita adalah infeksi jamur dan keputihan. 

Baca Juga    : Menjaga Kesehatan dan Kesegaran Organ Intim Wanita

Keputihan biasanya disebabkan oleh beberapa faktor,  antara lain:
•    Sering memakai tisu saat membasuh organ kewanitaan sehabis buang air kecil.
•    Memakai pakaian dalam yang ketat dari bahan sintetis.
•    Lupa mengganti panty liner atau pembalut saat haid setelah lebih dari 3 atau 4 jam.
•    Bertukar pakaian dalam dan handuk dengan orang lain.
•    Stres dan kelelahan.
•    Memakai sabun untuk membasuh organ kewanitaan sembarangan.
•    Sering bergonta- ganti pasangan dalam berhubungan seksual.
•    Hormon yang tidak seimbang atau daya tahan tubuh lemah.
•    Sering mandi berendam dengan air hangat atau air panas, yang menyebabkan jamur penyebab keputihan lebih rentan tumbuh pada kondisi yang hangat.


Wanita yang menderita keputihan akibat infeksi jamur biasanya mengalami rasa gatal yang berlebihan pada organ intimnya. Tidak hanya dialami oleh wanita yang sudah menikah saja, namun keputihan dapat menyerang gadis muda sesaat sebelum pubertas dan biasanya gejala ini akan hilang dengan sendirinya. Namun yang perlu diwaspadai adalah keputihan yang tidak normal, karena bisa berdampak hingga menjadi penyakit yang lebih serius seperti kanker serviks. Penyakit kanker serviks sendiri juga terkadang diawali oleh keputihan normal sehingga banyak orang tidak menyadarinya.

Keputihan tidak normal menyebabkan rasa tidak nyaman dengan diikuti rasa perih dan gatal, hal ini disebabkan oleh virus HPV yang menyebabkan penyakit herpes genital. Oleh karena itu,  penting untuk diketahui penyebab dan cara mengatasinya sebelum masalah kesehatan organ intim ini menjadi semakin parah. Berikut ada tips dan cara mengatasi keputihan tidak normal yang bisa dilakukan dengan mudah dan aman yaitu dengan obat keputihan yang alami dan dapat ditemukan di pasaran dengan mudah. Berikut adalah tips dan cara cepat mengatasinya:

1.    Gunakan pembalut yang tepat



Pembalut merupakan hal paling sederhana yang sering digunakan oleh para wanita saat menstruasi. Tapi, tahukah Anda bahwa salah memilih pembalut justru akan membuat Anda mengalami keputihan. Untuk mengatasinya, pilihlah pembalut yang mengandung bantalan kualitas herbal, dan yang terpenting gantilah pembalut  minimal 3 atau 4 jam sekali dalam sehari.


2.    Gunakan daun sirih dan kunyit



Daun sirih dan kunyit, kedua bahan ini sudah terbukti mengandung antibiotik dimana daun sirih memiliki kandungan antioksidan dan anti jamur sehingga dapat membantu menghentikan infeksi serta menyembuhkan keputihan yang tidak normal. Caranya cukup mudah, tinggal ambil 10 lembar daun sirih, direbus dengan 1 liter air kemudian air rebusannya dibagi untuk diminum 3x dalam 1 hari. Cara lainnya, ambil beberapa ruas biang kunyit lalu diparut dan diperas setelah itu direbus dengan menambahkan sedikit air. Air rebusannya bisa diminum 3x dalam 1 hari atau dapat dicampurkan dengan rebusan daun sirih.


3.    Biji ketumbar



Tidak hanya untuk bumbu masak akan tetapi ketumbar dapat digunakan untuk mengobati keputihan. Caranya adalah dengan merendamnya memakai air matang, lalu rendaman tersebut dapat diminum sebanyak 3x dalam 1 hari. Keputihan pun akan sembuh dengan cepat.


4.    Jahe



Jahe juga bisa digunakan untuk mengatasi keputihan yang tidak normal. Caranya, jahe dapat langsung dikonsumsi atau bila tidak kuat dengan rasa pedasnya, dapat dibuat minuman agar menyembuhkan  keputihan lebih cepat.


5.    Lidah buaya



Makanan atau minuman yang dibuat dari lidah buaya akan membantu untuk menyembuhkan keputihan akibat jamur atau pun bakteri. Konsumsi terus lidah buaya selagi keputihan masih tidak normal.

Semua wanita wajib memahami cara merawat organ kewanitaannya agar terjaga kesehatan dan kebersihannya. Disamping itu, perawatan yang tepat dapat membebaskan kita dari penyakit berbahaya. Untuk itu, sebelum terjangkit, alangkah baiknya agar kita dapat mencegah dengan mencoba perawatan secara alami. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! (Diah/Marini)

Artikel Rekomendasi : Rawat Daerah Kewanitaan Anda