7 Cara Terhindar dari Mata Panda

7 Cara Terhindar dari Mata Panda
"Mata Panda" kerap membuat seseorang yang mengalaminya terlihat tidak sehat, tua dan kurang menarik karena wajah terlihat lelah. Tentu saja itu mengerikan bukan? Lalu bagaimana cara untuk terhindar dari mata panda ini? Yu cari tahu caranya.

"Mata Panda" menjadi sebuah istilah bagi mata yang berkantung dan hitam membentuk lingkaran yang terdapat pada kelopak mata dan disekitarnya sehingga membuatnya terlihat seperti mata binatang panda. Tentunya hal ini sangat mengganggu penampilan dan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri karena kerap membuat seseorang terlihat tidak sehat, tua dan kurang menarik.

Mata panda sebenarnya bukan penyakit yang mengerikan dan sulit untuk disembuhkan. Mata panda ini bisa dicegah dan diatasi. Masalah mata berkantung serta hitam ini kini bukan hanya masalah yang dihadapi orang tua saja, namun anak-anak muda juga banyak yang memiliki mata panda. Masalah mata panda pada mereka dengan usia diatas 40 tahun umumnya dikarenakan adanya penumpukan lemak dibawah kulit dan kendurnya kulit sekitar mata, sedangkan kantong mata dan lingkaran hitam pada anak muda sering kali disebabkan karena faktor genetik (turunan) atau karena gaya hidup yang kurang sehat.


Baca Juga    : Mata Sehat Pancarkan Kecantikan



Sebelum mengatasi masalah mata panda ini,  sebaiknya  kita harus mengetahui  apa saja penyebab kantong mata dan lingkaran hitam berikut ini :

Faktor Genetik
Faktor genetik atau keturunan ini merupakan faktor yang paling utama yang memengaruhi adanya kantong mata dan lingkaran hitam. Hal ini dikarenakan kandungan melanin yang tinggi pada kulit, biasanya orang yang berkulit hitam atau asia yang cenderung memiliki lingkaran hitam.

Pertambahan Usia
Bertambahnya usia menyebabkan kekurangan kolagen dan lemak, sehingga kulit area mata menjadi kendur dan cekung. Oleh karena itu pembuluh darah disekitar mata menjadi lebih terlihat dan menggelap.

Dehidrasi
Kekurangan air minum dapat menyebabkan tubuh dehidrasi, dan hal ini mengakibatkan pembuluh darah meluas dan bengkak sehingga menyebabkan mata berkantung. Selain itu hindari minuman beralkohol dan soda juga kafein yang menyebabkan dehidrasi.

Kurang tidur
Kekurangan waktu tidur merupakan salah satu penyebab mata berkantung dan menjadi gelap. Kurang tidur membuat kulit wajah menjadi pucat dan lelah sehingga kantong mata dan lingkaran hitam pada mata terlihat lebih jelas.

Kurang Vitamin dan Nutrisi

Kekurangan vitamin B, E, C dan K dibutuhkan untuk  kerja kelenjar adrenalin dan regenerasi kulit. Pada saat kelenjar kekurangan vitamin maka peredaran darah pun tidak lancar maka wajah akan bengkak dan muncullah kantong mata.

Merokok
Merokok dapat membuat pembuluh darah mengkerut sehingga peredaran menjadi tidak lancar dan mengurangi aliran oksigen pada kulit, maka menyebabkan pembuluh darah lebih jelas terlihat dan menjadi gelap.

Hormon
Pada saat menstruasi atau PMS bahkan saat hamil hormon meningkat begitupun cairan dalam tubuh. Oleh karena itu, wajah menjadi bengkak begitupun kantong mata.

Flu
Pada saat Flu terlebih hidung tersumbat akan menyebabkan pembuluh nadi dari mata ke hidung membengkak dan menggelap.

Mengonsumsi Banyak Garam
Asupan garam yang berlebihan pada tubuh akan membuat tubuh kekurangan kadar air, sehingga membuat pembuluh darah disekitar mata menjadi lebih gelap.

Masalah Kesehatan
Anemia dan masalah ginjal dapat menyebabkan kantong mata dan lingkaran hitam. Konsultasikan dengan dokter untuk mengatasi masalah penyakit ini agar wajah dan mata Anda segar kembali.

Menangis

Setelah menangis mata akan menjadi bengkak. Ini dikarenakan kandungan garam pada air mata yang menyebabkan pembengkakan, tapi  ini hanya berlangsung beberapa jam saja.


Setelah Anda mengetahui penyebab mata panda, sebaiknya Anda bisa menghindarinya agar mata kita tetap indah dan cantik. Namun bila sudah terlanjur memiliki mata panda, Anda dapat mengikuti 7 tips berikut agar terhindar dari "Mata Panda" :

1.    Gunakan Krim dan Masker Mata




Pertambahan usia akan mengurangi kelembaban dan elastisitas pada kulit, untuk itu Anda perlu menggunakan pelembab mata dan rutin menggunakan masker mata agar kulit di sekitar mata tetap kencang dan indah.

2.    Kompres Dingin




Mengompres mata dapat dilakukan dengan handuk yang direndam air es atau sendok yang sudah dimasukan ke dalam freezer terlebih dahulu.

3.    Kompres Mentimun atau Tomat





Mentimun dan tomat dapat menyegarkan kembali mata Anda yang lelah. Juga dapat melancarkan peredaran darah sekitar mata dan kulit menjadi lebih cerah.

4.    Kompres Kantong Teh





Teh hijau yang sudah diseduh dapat dijadikan kompres atau masker mata. Karena kandungan zat tanin pada teh dapat melancarkan peredaran darah pada kulit dan mengencangkan kulit. Kompres selama 5-10 menit.

5.    Masker Kentang atau Bengkoang





Kentang dan bengkoang pun dapat mencerahkan kulit. Anda dapat menjadikan 2 sayuran ini sebagai masker mata dan menghindarkan mata panda.

6.    Minum Cukup Air Putih




Konsumsi air minum yang banyak dapat mencukupi kelembaban kulit dan menghindarkan tubuh kita dari dehidrasi.

7.    Tidur Cukup




Istirahat atau tidur yang cukup sangat penting untuk kulit, begitupun untuk mata. Pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup minimal 8 jam setiap harinya.

Semoga dengan mencoba tips ini, Anda dapat terhindar dan mengatasi masalah mata panda sehingga mata Anda akan kembali indah dan cantik. (Trisna/Inggrid)


Artikel Rekomendasi    : Jaga Kesehatan Mata Anda Dengan K-Ion Spec