Tips Merawat Kuku Agar Terlihat Cantik dan Sehat

Tips Merawat Kuku Agar Terlihat Cantik dan Sehat
Meski bentuknya yang keras dan terlihat kuat, kuku sebenarnya tetap membutuhkan perhatian dan perawatan agar tidak rapuh. Selain minum air putih yang cukup, untuk bahan-bahan merawat kuku juga tidak sulit dan dapat kita jumpai dengan mudah di sekitar kita.

Kuku merupakan bagian tubuh yang terdapat di jari tangan dan kaki yang jarang mendapatkan perhatian. Kuku yang merupakan bagian dari tulang ini, tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk dari ujung jari. Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh.

Kuku dapat melambangkan kepribadian Anda. Jika kuku Anda kotor, maka orang akan berasumsi bahwa Anda adalah pribadi yang malas dan  jorok. Tentunya kita tidak ingin dinilai malas dan jorok, karena itu rawatlah kuku Anda agar terlihat bersih dan cantik. Bagaimana sih cara merawat kuku yang baik dan benar agar kuku terlihat cantik? Berikut tips cara merawat kuku secara alami :


Baca Juga    : MILIKI KUKU INDAH DAN SEHAT


Potong kuku


Kuku yang panjang bisa jadi tempat berkumpulnya bakteri dan kotoran lainnya. Karena itu, usahakan untuk tidak memanjangkan kuku. Potong kuku secara berkala agar tetap rapi dan bersih. Untuk para wanita yang senang memelihara kuku panjang karena terlihat lebih cantik, pastikan Anda selalu menjaga kebersihannya. Salah satunya adalah dengan menggunakan sabun saat mencuci tangan agar terbebas dari bakteri dan kuman.


Cukupi kebutuhan air minum



Perbanyaklah minum air putih, minimal 8 gelas perhari untuk mendapatkan kuku yang sehat dan kuat. Minum banyak air putih dapat membantu kuku agar tidak kering dan rapuh.


Cukupi asupan nutrisi



Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi seperti susu, keju,  ikan,  sayuran antara lain kangkung, bayam dan brokoli. Sementara buah-buahan kaya kalsium adalah strawberry, pepaya, nanas, mangga, apel merah dan anggur, kacang-kacangan, serta biji-bijian.


Belimbing wuluh


Belimbing wuluh dapat membersihkan kotoran di sela-sela kuku dan kulit luarnya. Selain itu, belimbing wuluh juga dapat menguatkan kuku. Caranya mudah, cukup gosokkan potongan belimbing wuluh ke kuku kemudian bilas dengan air hingga bersih.


Lemon



Biasanya para wanita gemar mengenakan nail polish untuk memperindah kuku. Sayangnya, penggunakan nail polish dalam jangka panjang dapat mengakibatkan kuku menjadi kuning. Untuk mengembalikan kuku agar tidak bewarna kuning, kita dapat memanfaatkan buah lemon. Caranya siapkan perasan lemon, kemudian campur satu sendok perasan air lemon dengan pasta gigi, aduk rata kemudian oleskan ke kuku. Tunggu hingga kering kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin minimal seminggu sekali untuk mengembalikan warna kuku yang sehat.


Lidah buaya



Kita semua tahu bahwa tumbuhan yang satu ini mempunyai banyak manfaat untuk tubuh kita. Selain untuk memperindah rambut, lidah buaya juga bisa untuk merawat kuku. Caranya sangat mudah, bersihkan lidah buaya kemudian oleskan pada kuku. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal agar kuku terlihat berkilau dan sehat.


Bawang putih



Bawang putih bukan hanya bisa digunakan untuk penyedap makanan, tetapi juga bermanfaat untuk menguatkan kuku. Caranya, parut bawang putih hingga halus, kemudian oleskan pada kuku. Tunggu beberapa menit, setelah itu bersihkan kuku. Bisa juga dengan langsung menggosokkan bawang putih pada kuku Anda. Lakukan secara rutin, maka kuku Anda akan semakin kuat dan tidak rapuh.


Perawatan kuku di atas bisa Anda lakukan di rumah tanpa harus membuang waktu dan membuang uang untuk pergi ke salon melakukan perawatan manicure dan pedicure, dan tentunya tidak ada efek samping yang perlu dikhawatirkan. Semoga bermanfaat, selamat mencoba! (Puput/Marini)

Artikel Rekomendasi : Rawat Daerah Kewanitaan Anda