Cegah dan Hilangkan Komedo Secara Alami

Cegah dan Hilangkan Komedo Secara Alami
Saat sel-sel kulit mati bersatu dengan kelenjer minyak berlebih sehingga permukaan kulit menjadi tersumbat dan terinfeksi oleh bakteri, timbul yang dinamakan komedo. Meski tidak membahayakan, namun tentu saja kemunculan komedo sangat mengganggu penampilan. Karena itu, cegah komedo sebelum muncul dengan rajin scrubbing, membersihkan wajah dan rambut secara teratur. Namun bila komedo sudah muncul, ada beberapa bahan yang dapat kita gunakan untuk menghilangkan komedo secara alami, aman dan cepat.
    
Komedo, atau pori-pori yang tersumbat terdiri dari dua jenis, blackhead dan whitehead. Komedo terbuka atau biasa disebut dengan blackhead terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo jenis ini paling sering dialami oleh banyak orang dan terjadi ketika pori-pori membesar dan terbuka hingga ke permukaan kulit dan ke kelenjar minyak, lalu berubah menjadi warna hitam/coklat karena teroksidasi oleh udara. Sementara komedo tertutup atau dikenal dengan whitehead, merupakan komedo dimana terdapat kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Komedo jenis ini terjadi ketika minyak dan bakteri terperangkap di bawah permukaan kulit lalu mengeras.

Penyebab munculnya komedo adalah adanya sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. Bila kita tidak melakukan pengelupasan kulit wajah secara berkala, maka sel-sel kulit mati menumpuk di kulit. Hal inilah yang menyebabkan tersumbatnya akar rambut dan juga pori-pori kulit. Ketika terinfeksi, bakteri akan mengakibatkan terbentuknya komedo. Dengan adanya komedo di wajah, maka akan timbul permasalahan wajah lainnya misalnya seperti jerawat. Karena itu, komedo merupakan cikal bakal terjadinya jerawat, maka dari itu sebelum jerawat timbul, Anda harus mencegah kemunculan komedo. Lalu,bagaimana cara mencegah komedo?


Baca Juga    : Mata Sehat Pancarkan Kecantikan


Berikut adalah tips-tips untuk mencegah komedo :

1.    Bersihkan wajah secara teratur
Membersihkan wajah secara teratur adalah hal yang wajib kita lakukan. Dengan  membersihkan wajah dapat membuang penumpukan minyak dan kotoran di wajah yang dapat menyebabkan timbulnya komedo. Hindari air hangat untuk mencuci wajah, karena air hangat dapat membuka pori-pori sehingga kotoran lebih mudah menyumbat pori-pori tersebut.

2.    Keramas secara rutin
Bersihkan atau cucilah rambut ketika rambut sudah mulai berminyak, karena rambut yang berminyak dapat menyebabkan pori-pori tersumbat yang akhirnya mengakibatkan timbulnya komedo.

3.    Scrubbing
Pada dasarnya kulit kita mengalami proses regenerasi kulit setiap 28 hari sekali. Untuk itu kita harus melakukan scrubbing untuk mengangkat sel kulit mati agar sel kulit mati tidak menumpuk dan pada akhirnya menyebabkan timbulnya komedo pada wajah.

Dengan adanya kemunculan komedo pada wajah, tentunya sangat mengganggu penampilan dan membuat kita kurang percaya diri. Meskipun kemunculan komedo pada wajah tidak membahayakan kesehatan, namun banyak orang yang berusaha untuk mencari cara ampuh menghilangkan komedo secara alami dengan cepat dan aman tentunya. Lalu bagaimana cara menghilangkan komedo secara alami ?

Berikut adalah cara menghilangkan komedo secara alami :

1.    Putih Telur

Putih telur sangat ampuh untuk mengatasi komedo dengan cepat. Caranya yaitu dengan mengambil 1 butir telur lalu kita manfaatkan putih telurnya saja untuk dijadikan masker. Kemudian oleskan putih telur tersebut ke bagian wajah secara merata atau pada daerah yang sering berkomedo seperti di bagian hidung. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

2.    Lemon
Lemon merupakan salah satu buah yang bermanfaat untuk menghilangkan komedo secara alami dan cepat. Selain memiliki kandungan vitamin yang banyak, lemon juga mengandung flavoroid dan asam sitrat. Caranya, gunakan air perasan lemon untuk masker terutama di bagian yang sering berkomedo. Diamkan sampai mengering, setelah itu cuci sampai bersih.

3.    Air Garam
Garam biasanya digunakan sebagai pelengkap bumbu dapur. Namun ternyata garam  mempunyai manfaat lain yaitu untuk mengatasi komedo. Caranya cukup mudah dengan mencampurkan garam ke dalam air hangat. Kemudian gunakan air garam tersebut untuk membasuh wajah Anda. Setelah itu bersihkan dengan menggunakan air bersih.

4.    Uap Air Panas
Caranya ialah dengan menuangkan air panas ke dalam mangkok atau wadah lainnya. Pastikan air tersebut masih panas dan mengeluarkan uap. Setelah itu posisikan wajah Anda tepat di atas wadah, supaya terkena uap air panas tersebut. Anda bisa melakukannya selama 5-10 menit sambil melakukan pemijatan pada area komedo. Setelah komedonya keluar, Anda bisa membersihkannya dengan handuk dan air bersih.

Itulah tips mencegah dan menghilangkan komedo secara alami. Jangan pernah memencet komedo dengan tangan, karena bisa menyebabkan iritasi dan timbulnya jerawat. Selamat mencoba! (Puput/Marini)

Artikel Rekomendasi : Wow K-Golden Valley Bermanfaat Untuk Kecantikan