Rahasia Wajah Bersih dan Bersinar Terhindar dari Jerawat

Rahasia Wajah Bersih dan Bersinar Terhindar dari Jerawat
Jerawat menjadi hal yang paling menyebalkan saat muncul di wajah kita. Bagi semua orang terutama kaum hawa, wajah yang bersih, putih dan mulus adalah idaman. Jadi saat jerawat muncul, tidak jarang menjadi momok yang menakutkan karena membuat kita menjadi tidak percaya diri.

Jerawat adalah masalah umum yang dapat terjadi pada setiap orang terutama para remaja. Walaupun begitu orang dewasa pun dapat mengalaminya. Dan dalam aktifitas sehari-hari hal tersebut tak dapat dihindari. Jerawat terjadi saat pori-pori kulit kita tersumbat oleh produksi minyak yang berlebih pada wajah sehingga menyebabkan radang di kulit kita. Ditambah dengan munculnya bakteri maka faktor inilah yang dapat menyebabkan jerawat. Masalah hormonal yang terjadi dapat menjadi penyebab mengapa wajah kita memproduksi minyak yang berlebih.

Contoh masalah hormonal adalah menstruasi, masa kehamilan, penggunaan pil kb juga stres. Kondisi kulit yang tidak sehat seperti sel kulit mati yang menumpuk ditambah dengan kotoran atau debu yang menempel pada wajah berminyak menimbulkan bakteri di pori-pori kulit dan muncullah jerawat. Kosmetik yang kita gunakan juga dapat menyebabkan jerawat karenanya sangat penting membersihkan wajah sebelum kita tidur. Saat stres kita cenderung untuk memakan makanan yang berlemak seperti gorengan atau makanan manis yang dapat juga merangasang minyak berlebih pada wajah dan dapat menyebabkan jerawat. Penggunaan krim atau perawatan wajah yang salah juga dapat memicu terjadinya jerawat. Karenanya penting untuk menggunakan perawatan wajah yang sesuai dengan jenis kulit kita.


Baca Juga : Jerawat Bandel Atasi dengan Gamat Vitagel


Untuk lebih mengetahui tentang jerawat mari kita telusuri jenis- jenis jerawat, Terdapat beberapa jenis jerawat yaitu :

•    Komedo
Komedo sebenarnya adalah pori-pori kulit yang tersumbat akibat sel- sel kulit amti yang menumpuk dan pengeluaran minyak berlebih pada wajah. Ada dua jenis komedo, Jika kondisi komedonya terbuka maka disebut Blackhead, terlihat diwajah seperti pori-pori yang membesar dan menghitam di wajah. Dan jika kondisi komedonya tertutup disebut whitehead, terdapat kulit yang tumbuh diatas pori-pori kulit yang tersumbat sehingga terlihat seperti benjolan-benjolan putih di wajah.

•    Jerawat Biasa
Jerawat jenis ini paling mudah dikenali karena berwarna merah atau pink yang menonjol di kulit wajah. Jerawat ini terjadi karena pori-pori kulit yang tersumbat tersebut terinfeksi oleh bakteri P. Acne (propionibacterium acne). Bakteri ini disebut propiobacterium karena mampu memproduksi asam propionik ( propionic acid ). Bakteri jenis ini tumbuh subur pada kelenjar minyak atau kelenjar sebaceous pada wajah. Bakteri inilah yang menyebabkan radang dan iritasi pada wajah.

•    Jerawat Batu ( Cystic acne )
Cystic acne adalah jenis jerawat yang parah karena berbentuk besar, tampak meradang dan berkumpul di seluruh wajah. Biasanya faktor genetik juga memengaruhi seseorang yang terkena jerawat jenis ini, yang memiliki ciri- ciri seperti berikut :

1.    Produksi minyak yang over active sehingga wajah selalu terlihat banjir oleh minyak.
2.   Proses regenerasi yang lambat pada kulit sehingga memicu pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal.
3.    Reaksi yang berlebihan pada radang sehingga meninggalkan bekas luka pada kulit wajah.


Setelah kita memiliki pengetahuan tentang jerawat sekarang kita dapat mencegah terjadinya jerawat melalui tips-tips berikut ini :

Menjaga Kebersihan Wajah
Sangat penting untuk menjaga kebersihan wajah setiap hari untuk menghilangkan kotoran, sel kulit mati dan minyak berlebih pada wajah untuk mencegah terjadinya jerawat. Selain itu juga harus sesuai dengan jenis kulit kita.

Hampir setiap hari terutama para wanita menggunakan pelembab dan juga kosmetik yang semuanya rata-rata berbahan dasar lemak atau minyak. Karena itu penting membersihkan secara maksimal. Tiadak hanya langsung membersihkan dengan facial wash atau sabun pembersih muka tapi juga dengan susu pembersih atau milk cleanser. Dan tahapannya juga harus diperhatikan jadi gunakan susu pembersih dengan pemijatan ringan baru bersihkan dengan kapas. Setelah itu gunakanlah sabun pembersih muka.

Terakhir gunakan lah toner untuk membantu mengecilkan pori-pori kulit. Produk yang digunakan juga sebaiknya tidak mengandung banyak detergent atau alkohol yang tidak baik bagi kulit. Produk K-Link memiliki semua kandungan yang tepat untuk wajah kita. Untuk wajah berjerawat produk dari K-Link yaitu series K-Olive Love.


Gunakan Obat Jerawat yang Baik
Jika sudah terlanjur berjerawat hal yang terbaik adalah menggunakan obat jerawat yang berkualitas seperti produk dari K-Link yaitu Anti acne Liquid yang mengandung sulfur atau belerang, Triclosan dan ekstrak lemon yang berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Sekaligus untuk mengatasi peradangan pada kulit wajah yang berjerawat.


Minimalkan Penggunaan Make Up
Karena make up mengandung lemak atau minyak yang jika tidak dibersihkan secara maksimal maka dapat menyebabkan tersumbatnya pori-pori kulit dan terjadilah jerawat. Untuk itu penting untuk mengurangi penggunaan make up dalam aktifitas sehari-hari. Atau selektif dalam menggunakan make up, pilih make up yang berbahan dasar air yang lebih bersahabat di kulit wajah. Jika harus menggunakan make up tiap hari maka penting untuk selalu membersihkan make up setelah aktifitas.


Gaya Hidup Yang Sehat
Makan makanan yang sehat yang mengandung banyak serat dan vitamin seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Hindari memakan makanan yang mengandung banyak lemak seperti junk food atau makanan yang digoreng. Selain itu istirahat yang cukup dan olahraga yang teratur juga baik untuk kesehatan. Dengan gaya hidup yang sehat maka kita dapat menghindari stres yang menjadi penyebab terjadinya jerawat.


Perbanyak Konsumsi Air Putih
Air putih sangat penting bagi tubuh kita terutama untuk mendetox tubuh kita dari racun-racun yang berbahaya. Setiap hari penting untuk mengkonsumsi minimal 8 gelas sehari atau setara 2 liter air per hari.

Itulah tips-tips untuk mencegah timbulnya jerawat, selamat mencoba ya. (Feira/Inggrid)


Artikel Rekomendasi : Cara Ampuh Atasi Jerawat Bandel