PERUT RATA, IDAMAN KITA SEMUA

PERUT RATA, IDAMAN KITA SEMUA
Memiliki perut rata yang dapat menunjang kepercayaan diri kita sehari-hari, tentunya menjadi   idaman setiap orang. Selain lebih sehat, kita juga lebih mudah untuk memilih baju tanpa perlu   khawatir perut kita terlihat buncit. Sayangnya, tidak sedikit orang yang berusaha mengecilkan perut   dengan cara instan melalui obat yang belum tentu aman untuk kesehatan. Sebelum mencari tahu   bagaimana mengecilkan perut secara aman dan sehat, mari pelajari dulu kenapa perut menjadi   buncit. 

Perut yang tidak rata dapat terjadi karena beberapa kebiasaan tidak sehat yang kita lakukan secara   tidak sadar. Sering memakan peganan pada malam hari adalah salah satunya. Hal ini tentunya harus   dikurangi karena aktifitas yang kita lakukan pada malam hari lebih sedikit sehingga kalori yang   terpakai juga lebih sedikit. Akibatnya, terjadi penumpukan lemak terutama pada daerah perut   karena kalori yang terbakar hanya sedikit.  

Sehabis makan langsung tidur, ternyata juga dapat menjadi penyebab perut tidak rata. Sebisa   mungkin hindari tidur setelah makan. Proses pencernaan menjadi tidak optimal, mengingat   minimalnya akfititas yang kita lakukan saat tidur. Perut kita dapat menjadi buncit karena makanan   yang baru saja dimakan tidak dapat dicerna dengan baik. 

Sering mengonsumsi alkohol adalah kebiasaan berikutnya yang menyebabkan perut menjadi buncit. Kalori dan gula yang terdapat pada alkohol setara dengan makanan berlemak. Apalagi, minum alkohol dapat membuat kerja hati menjadi lebih berat dalam menetralisirnya. Akibatnya, gula yang semestinya dapat disaring terlebih dahulu tidak tersaring dan menjadi menumpuk di bagian perut   sehingga perut menjadi buncit. 

Penyebab perut buncit lainnya adalah duduk dalam waktu yang lama. Kebiasaan duduk terlalu lama   saat bekerja di kantor juga dapat membuat perut rata Anda menjadi tidak rata lagi. Ini terjadi karena posisi duduk yang kurang baik atau terlalu condong kedepan sehingga dapat memberikan   penekanan pada perut untuk lebih maju ke depan. 

Berbagai hal yang sehat dan aman berikut ini dapat kita simak untuk mendapatkan perut rata: 

A. MENGATUR POLA MAKAN
 



Pemicu utama perut buncit adalah pola makan yang kurang teratur. Karena itu, pola makan yang   sehat dan teratur bisa mencegah dan membantu mengecilkan perut buncit. Bagaimana pola makan   yang baik untuk para pemilik perut buncit? Berikut ulasannya: 

a. Perbanyak minum air putih
  

Usahakan minum minimal 8 gelas per hari untuk menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. Bagi   Anda yang senang makan kudapan di malam hari, cobalah ganti dengan minum air putih sebagai   pengganti diet Anda sehingga pengeluaran toksin dalam tubuh serta pencernaan juga lebih lancar.   Untuk membantu mengeluarkan toksin dalam tubuh Anda dan mencegah sembelit, Anda juga dapat   mengonsumsi K-Ayulax atau K-Riddance yang tentunya sehat dan aman karena terbuat dari   tanaman herbal. 

b. Konsumsi makanan berserat
 

Seperti dijelaskan di atas, pencernaan yang tidak lancar dapat menyebabkan perut tidak rata. Karena   itu, cobalah mengonsumsi makanan berserat untuk membantu program diet Anda agar pencernaan   menjadi lancar dan perut menjadi ramping. Sumber serat yang baik untuk Anda konsumsi antara lain   serat yang didapatkan dari kacang-kacangan, protein kedelai, telur, nasi merah dan sayuran, buah-  buahan dan daging tanpa lemak. Bila ingin yang lebih praktis, Anda juga dapat mengonsumsi K-Liquid Chlorophyll dimana satu sendok makan K-Liquid Chlorophyll setara dengan 1 kg sayur. 

c. Pilih makanan dengan lemak baik dan kaya potasium 


Saat berdiet, kita ingin mengurangi lemak dari tubuh. Namun diet tanpa lemak sama sekali juga tidak   baik karena keseimbangan tubuh tidak terjaga. Pilih lemak baik yang aman untuk dikonsumsi dan    makanan kaya potasium. Potasium adalah zat diuretik alami, sehingga akan membantu mengurangi   simpanan air dan mengecilkan perut buncit. Makanan kaya potasium antara lain mangga, blewah,   alpukat, pisang mini, pepaya, dan yogurt tanpa lemak (tanpa pemanis buatan).  

d. Hindarilah makanan yang berkarbohidrat tinggi, digoreng, asin dan minuman serta makanan  bersoda 

Makanan yang mengandung karbohidrat, digoreng, dan asin lebih mudah dikonversikan jadi lemak   sehingga memicu penumpukan lemak di area perut. Sementara makanan dan minuman yang   bersoda membuat perut buncit karena mengandung gas. Bila tetap ingin makanan berkarbohidrat,   pilih ½ cangkir beras merah. Untuk sarapan, pilih telur atau sandwich dengan hanya satu irisan roti,   dan makanan ringan kemasan kaya protein seperti ayam tanpa kulit, keju rendah lemak, biji-bijian,   dan kacang-kacangan. 

B. BEROLAHRAGA SECARA TERATUR




Padatnya aktifitas terkadang membuat Anda melupakan olahraga. Padahal olahraga adalah cara   yang terbaik untuk terhindar dari perut gendut. Dengan berolahraga yang teratur, selain membuat   tubuh lebih segar dan sehat, juga membuat metabolisme tubuh meningkat sehingga tubuh lebih   cepat membakar lemak yang menumpuk. Olahraga yang cocok untuk mengecilkan perut buncit   antara lain dengan melakukan sit-up, back-up, vertical leg crunch, bicycle exercise, ball crunch,   minimal 20-30 kali dan juga melakukan peregangan perut. 

Ini sangat baik karena seluruh anggota tubuh Anda bergerak sehingga lemak tidak berguna yang   masih tertinggal dalam perut Anda dapat dihilangkan secara alami. Lakukan saat baru bangun tidur,   agar makanan yang telah kita konsumsi sebelum tidur akan menjadi energi bagi kita dan bukan   menjadi lemak. Selain itu, olahraga yang tepat berikutnya adalah berlari, bersepeda, bermain hula hoop atau lompat tali karena dengan olahraga ini kalori dalam tubuh akan mudah terbakar,   termasuk lemak pada perut Anda.  

Semoga artikel yang sudah dijabarkan di atas dapat membantu Anda untuk lebih percaya diri dengan   mendapatkan perut yang rata dalam beberapa minggu ke depan. Selamat mencoba! (Marini)