CARA JITU ATASI BIBIR KERING

CARA JITU ATASI BIBIR KERING
Tentu Anda akan senang sekali melihat wanita yang murah senyum karena wajahnya seketika akan terlihat menarik dan bersahabat. Mau tidak mau, pandangan Anda akan segera tertuju ke bibir wanita tersebut. Wanita yang memiliki bibir merah segar merona dan kulit bibirnya terlihat sehat meski tanpa polesan lipstik dekoratif, tentunya akan tampak menawan dan memiliki daya tarik tersendiri. Oleh karena itulah, sangat penting menjaga kesehatan bibir kita agar dapat menambah kepercayaan diri.

Berbeda dengan kulit pada bagian tubuh lainnya, kulit pada bagian bibir hanya sedikit memiliki kelenjar minyak untuk melindungi kelembapannya. Inilah yang menyebabkan bibir gampang teriritasi, kering dan bahkan pecah-pecah hingga mengelupas. Menurut Juliana Yu, seorang cosmetologist dari House of Skinovation, masalah utama pada bibir berupa bibir kering sangat sering dialami kebanyakan orang. Banyak wanita berusaha menutupi bibirnya melalui polesan lipstik dengan pelembab maupun lip gloss mengkilat untuk mendapatkan bibir segar dan seksi dengan cara cepat. Sayangnya, hal ini sifatnya hanya sementara sehingga bukanlah solusi mendapatkan bibir sehat untuk jangka waktu yang panjang.

Lalu, sebelum kita berusaha mengetahui cara mengatasi bibir kering tersebut, kenali terlebih dahulu apa saja faktor yang menjadi penyebab bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Paparan sinar matahari yang berlebih; kebiasaan merokok, minum kopi, dan alkohol; kurangnya vitamin B, zat besi atau asam lemak esensial; kebiasaan menjilati bibir dan faktor udara yang terlalu kering menjadi faktor-faktor diantaranya. Selain itu, dehidrasi juga menjadi faktor utama kondisi bibir kering hingga bibir pecah-pecah ini terjadi. Ketika kondisi ini menyerang, biasanya terdapat celah-celah merah pada bibir yang terasa perih dan menyakitkan bahkan hingga berdarah. Banyak mengonsumsi obat-obatan tertentu serta terlalu capai dan stres juga dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi, dan bibir inilah yang pertama kali terkena efeknya.

Sebagai tambahan, iritasi dan reaksi alergi terhadap bahan tertentu, baik dari makanan maupun bahan kosmetik seperti lipstik, juga dapat menjadi pemicu bibir kering. Menggunakan pasta gigi yang mengandung banyak detergen turut membuat iritasi pada kulit sekitar bibir yang sensitif. Mengonsumsi beberapa jenis makanan yang terlalu asin maupun terlalu asam dalam frekuensi sering juga berpengaruh. Faktor lainnya, pertambahan usia juga membuat bibir makin rentan mengalami kekeringan. Tidak hanya terjadi pada wanita, pria pun sering mengalaminya.

Lalu bagaimana mengatasinya? Saat bibir Anda menjadi kering dan pecah-pecah, Anda dapat menjalankan cara-cara jitu dibawah ini: 

1.    Untuk dapat memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, maka teraturlah minum air. Terlebih lagi jika Anda sering berkeringat atau ketika cuaca panas.

2.    Hindari pula terlalu sering bernafas lewat mulut, jadi lebih baik pilih bernafas melalui hidung.

3.    Perbanyak konsumsi buah, sayuran hijau, aneka biji-bijian, tomat, jeruk dan wortel dalam menu harian Anda. Kandungan Vitamin A dalam sayuran terutama wortel akan membantu proses pemulihan kulit yang rusak akibat bibir kering dan pecah-pecah.

4.    Bila harus menggunakan lipstik dan pasta gigi, pilih produk yang tepat dan aman seperti pasta gigi K-Mu’min dan K-All White, yang tidak mengandung detergen seperti pasta gigi lainnya, perhatikan pula waktu kadaluarsanya. 

5.    Gunakan lip balm yang kaya pelembab. Selain dapat mencegah, penggunaan lip balm juga mampu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

6.    Oleskan Madu. Selain sebagai pelembap alami dan mencegah bibir pecah-pecah, sifat antibakteri pada madu dapat mengusir  kuman dan bakteri pada bibir. Oleskan madu pada bibir sehari 3 kali secara teratur untuk mempercepat proses pemulihannya.

7.    Dengan kandungan vitamin C yang banyak pada tomat, bibir kering dapat disembuhkan secara alami. Ambil sebuah tomat lalu potong dan oleskan dengan gerakan memijat pada bibir Anda. Anda juga dapat mengkombinasikan dengan memberikan tetesan madu pada irisan tomat tersebut sebelum mengoleskannya pada bibir.

8.    Minyak kelapa mengandung asam lemak yang membantu mengatasi bibir kering dengan cara melembapkannya. Selain itu, mentega dan minyak kelapa juga membantu mencerahkan bibir hitam. Apabila bibir Anda mulai terasa kering, oleskan minyak kelapa atau mentega. 

9.    Lemon dan madu merupakan obat alami untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Lemon dapat membuat kulit bibir mengelupas, sehingga sel-sel kulit mati menjadi hilang dan kulit bibir menjadi bersih. Campurkan perasan lemon dan beberapa tetes madu. Oleskan ramuan ini pada bibir yang kering dan pecah-pecah. Lakukan secara rutin dua kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal. 

10.    Irisan mentimun yang kaya air dan vitamin C dapat membantu mengatasi bibir kering. Lakukan pijatan ringan dengan irisan timun pada bibir Anda dua kali sehari secara teratur.

11.    Ekstrak lidah buaya dapat membantu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah karena dapat melembapkan dan menjaga kelembutan bibir. 

Nah, setelah Anda mengetahui penyebab dan cara-cara jitu mengatasi bibir kering, mari kita sama-sama melakukan pencegahan sebelum bibir menjadi kering, sehingga bibir dapat senantiasa sehat, segar dan terlihat menarik. Semoga bermanfaat! (Marini)