MANFAAT JAHE UNTUK KULIT WAJAH

MANFAAT JAHE UNTUK KULIT WAJAH
Ladies, satu lagi bumbu dapur yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit wajah Anda,  yaitu jahe. Banyak mungkin diantara Anda tidak sadar jika jahe sangat berguna untuk menjaga kulit   wajah dari berbagai masalah. Antara lain wajah yang kusam, jerawat, bahkan untuk melembutkan   kulit wajah Anda. 

Hal tersebut telah melalui proses penelitian yang dilakukan oleh Juliana Yu MD.H, Cosmetologist,   CibTAC, BABTAC, IPTI, ITAC, CIDESCO, seorang pakar kecantikan sekaligus pemilik House of   Skinovation dengan pengalaman di bidang kecantikan selama 16 tahun lebih.  Menurut Juliana, jahe   sangat bermanfaat bagi kulit wajah, namun kombinasi jahe dengan beberapa unsur lain dapat   menghasilkan perawatan yang lebih maksimal. 

Bagaimana cara memanfaatkan jahe dan beberapa unsur lain untuk kulit wajah? Kami memiliki   beberapa trik dan kegunaan jahe yang mungkin dapat Anda coba di rumah: 

Antiaging alami 

Perlu Anda ketahui jika jahe mengandung 400 bahan kimia aktif, magnesium, tembaga dan vitamin   B6. Unsur-unsur tersebut merupakan sumber antioksidan untuk menghambat radikal bebas   penyebab kerusakan kulit dan penuaan dini. Melalui perawatan dengan menggunakan jahe, maka   kita dapat mencegah penuaan dini yang ditandai kulit terasa kasar, muncul garis-garis halus, kering,   kusam, dan saat diraba terasa seperti bersisik. Hal ini terjadi karena senyawa yang ada di dalam jahe   dapat bekerja mengurangi racun pada sel  kulit mati, meningkatkan sirkulasi darah dari dalam tubuh   dan membuat kulit semakin kencang. 

Caranya: Pilih jahe yang masih segar lalu tumbuk sampai halus. Lalu gunakan sebagai masker selama   10 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin. Lakukan secara rutin 3 kali seminggu. 

Cara lain:
Ambil satu cangkir bubuk kopi, setengah cangkir minyak alpukat atau buah alpukat yang   sudah dihancurkan, satu sendok teh jahe yang sudah diparut dan beberapa tetes minyak daun kayu   manis dan campurkan semua bahan. Aduk hingga tercampur rata. Oleskan ramuan itu secara   merata, tidak hanya pada kulit wajah namun juga bisa untuk seluruh bagian tubuh, sambil dipijat   melingkar. Bilas dengan air hingga bersih, lakukan dua sampai tiga kali seminggu. 

Melembabkan dan menghaluskan kulit 


Antioksidan yang terkandung dalam jahe dapat dimanfaatkan untuk melembabkan kulit jika   dicampur dengan buah delima. Jahe yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri dapat   berfungsi menenangkan dan membersihkan kulit dari bakteri. Sedangkan campuran vitamin C yang   terkandung pada buah delima ampuh membuat kulit mulus dan lembut secara maksimal. 

Caranya: Campurkan dua sendok makan parutan jahe dengan air perasan dari satu buah delima.   Gunakan sebagai masker selama 10–15 menit, lalu segera bilas dengan air bertemperatur dingin.   Lakukan 2 hari sekali. 

Mengatasi jerawat 


Jerawat yang timbul tentunya akan sangat mengganggu penampilan. Namun, jahe ternyata juga   dapat membantu membasmi jerawat berkat gingerol dari jahe yang bekerja sebagai antiseptik untuk   membersihkan bakteri di jaringan kulit dan pori-pori. Selain menggunakan produk anti-acne yang   berbahan dasar jahe, kita juga dapat menggunakan ginger essential oil sebagai solusi alami untuk   mengatasi jerawat. Tidak hanya itu, sifat anti-inflamasi pada jahe juga membantu menenangkan   jerawat yang sedang meradang sehingga lebih cepat sembuh.  

Caranya:
Cuci wajah menggunakan air rebusan jahe hangat pada pagi dan malam hari. Lakukan rutin   setiap 2 hari sekali dalam 2 bulan, maka jerawat akan berkurang. Cara ini dapat pula digunakan   untuk mencegah jerawat karena jahe dapat menghilangkan bakteri dan kuman pada wajah serta   mengurangi bintik-bintik hitam (flek) pada wajah. 

Cara lain: Bersihkan wajah kemudian oleskan minyak esensial jahe pada jerawat yang sedang   meradang. Lakukan secara rutin pada malam hari. 

Mengatasi Kulit Berminyak 

Minyak alami pada kulit wajah memang bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit wajah.   Namun, bila kadarnya berlebih, kulit wajah dapat terlihat kusam dan kotor. Jahe adalah salah satu   bahan alami yang sangat bagus untuk mengurangi minyak pada wajah. Terutama bila dipadukan   dengan kayu manis, garam laut, dan pala.  

Caranya:
  Campur bahan-bahan yaitu jahe parut, garam laut, bubuk kayu manis dan pala bubuk,   masing-masing sebanyak satu sendok teh, tambahkan air secukupnya hingga membentuk   pasta/masker. Oleskan pada wajah, terutama pada titik-titik wajah yang banyak menghasilkan   minyak. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air dingin hingga bersih. 

Bagaimana ladies? Mudah bukan? Lakukan cara-cara tersebut di atas secara rutin agar kulit wajah  Anda tetap sehat dengan menggunakan bahan-bahan yang alami. Jangan khawatir, bila tidak   sempat membuatnya sendiri, manjakan kulit wajah Anda dengan beberapa treatment di House of   Beauty K-Link yang berguna untuk menangkal berbagai masalah di kulit wajah Anda. Semoga   bermanfaat dan stay pretty ladies! (Abn/Marini)