BEKAS LUKA HILANG, TAMPIL PERCAYA DIRI: 5 BAHAN ALAMI (I)

BEKAS LUKA HILANG, TAMPIL PERCAYA DIRI: 5 BAHAN ALAMI (I)
Bekas luka seperti akibat jerawat, bekas cacar, lecet atau luka tentu sangat mengganggu penampilan. Sayangnya, menghilangnya bekas luka sangat tergantung dari tingkat luka yang diderita. Jika bekas luka tersebut tidak dirawat dengan benar, maka dapat membekas atau membentuk keloid. Tapi dengan perawatan alami secara teratur dan terus menerus, bekas luka dapat hilang seiring waktu.

Banyak cara dilakukan orang untuk menghilangkan bekas luka. Dari membeli berbagai produk losion atau salep khusus, hingga melakukan operasi plastik maupun laser agar kulit mulus kembali dengan biaya yang tidak sedikit. Namun yang perlu disadari, selain harus mengeluarkan uang banyak, Anda juga harus siap menanggung resiko apabila hasil operasi tidak sempurna.

Sebenarnya, selain pengobatan modern, ada cara lain untuk menghilangkan bekas luka. Alternatif tersebut dapat dilakukan menggunakan bahan alami. Penggunaan bahan alami tentu lebih aman karena bebas dari bahan kimia dan efek samping. Biayanya juga relatif murah serta dapat dilakukan semua orang, kapan dan di mana saja. Berikut ini kami berikan cara menghilangkan bekas luka menggunakan bahan-bahan alami :

Mentimun


 

Tidak hanya sebagai sayuran, mentimun juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda hitam di kulit. Selain mengandung vitamin C dan potasium yang baik untuk menangkal radikal bebas, kandungan airnya juga cukup tinggi. Mentimun memiliki kandungan silika yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan mencegah munculnya keriput.

Caranya : cuci bersih mentimun, kemudian potong kecil-kecil atau diparut. Haluskan dengan blender atau ditumbuk hingga berbentuk seperti pasta. Oleskan pada bekas luka dan biarkan sepanjang malam. Gunakan kasa/perban agar mentimun tidak berceceran saat Anda tidur. Lakukan dengan rutin maka bekas luka dapat berangsur menjadi samar dan hilang.

Madu


 

Madu alami juga dapat mendinginkan, mengurangi nyeri dan merangsang regenerasi sel, sehingga dapat mempercepat proses pemudaran bekas luka.

Caranya : oleskan madu secara merata pada luka. Biarkan selama 20-30 menit atau semalaman. Kemudian, bilas dengan air hangat. Lakukan beberapa kali sehari secara rutin hingga bekas luka benar-benar hilang.

Teh Hijau


 

Daun teh hijau memiliki kandungan antioksidan dengan kekuatan 200 kali lebih hebat dari vitamin E dan dapat mengurangi aktivitas hormon penyebab jerawat, mengurangi peradangan pada kulit, mengontrol produksi minyak serta menghilangkan bekas luka yang ditimbulkan akibat jerawat. Selain itu, daun teh hijau dapat juga berfungsi sebagai toner.

Caranya : basahi kapas atau handuk kecil dengan air daun teh hijau yang sudah diseduh tanpa gula. Lalu, usapkan kapas atau handuk kecil tersebut pada bagian luka yang sudah dibersihkan. Kemudian bilas sampai bersih.

Daun Pare



Untuk menyamarkan bekas luka, kita juga dapat menggunakan daun pare.

Caranya : ambil segenggam daun pare segar dan cuci sampai bersih. Lalu, tumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit air hangat, lalu peras. Kemudian, campurkan air perasan tersebut dengan 2 sendok makan tepung beras dan aduk hingga merata. Oles ke bagian bekas luka. Biarkan sampai kering dan cuci sampai bersih.

Daun Mint




Tanaman herbal lainnya yang dapat kita gunakan adalah daun mint, yang sering dipakai untuk mengatasi jerawat, luka bakar, hingga menghilangkan bekas luka.

Caranya : ambil 5-6 lembar daun mint. Cuci bersih dan haluskan hingga membentuk scrub lalu oleskan ke area luka Anda. Diamkan beberapa saat sampai mengering kemudian bersihkan dengan air. Sisa bahan dapat Anda simpan di kulkas untuk pemakaian berikutnya.

Ternyata banyak bahan alami yang dapat kita manfaatkan untuk menghilangkan bekas luka yang mengganggu, bukan? Untuk luka baru, setelah mengoleskan dengan bahan-bahan alami di atas, oleskan Gamat Vitagel yang dapat melembutkan kulit, membantu menyembuhkan luka-luka ringan, cedera, peradangan serta menghilangkan bekas jerawat, luka bakar, serta luka karena diabetes dan lecet. Saatnya mencoba untuk mengembalikan kepercayaan diri yang sempat hilang karena bekas luka. Bekas luka hilang, hati pun senang! (Marini/Midya)