TAK SULIT HILANGKAN SELULIT: KOPI, SI BUBUK AJAIB

TAK SULIT HILANGKAN SELULIT: KOPI, SI BUBUK AJAIB
Guratan lemak berwarna putih alias selulit atau stretch mark pada beberapa bagian tubuh seperti paha, pantat, perut, ketiak atau betis tentu sangat mengganggu penampilan. Lantas apakah penyebab selulit dan bagaimana mengatasinya?

Selulit muncul antara lain karena faktor genetika, adanya gejala gangguan metabolisme tubuh yang didukung dengan gaya hidup tidak sehat, terhambatnya lemak dalam darah, hormon yang tidak seimbang atau kehilangan berat badan secara drastis. Selulit tak selalu identik dengan obesitas, terkadang juga dialami anak-anak dan bayi. Hampir 90% selulit ditemukan pada wanita dewasa dan hanya sedikit sekali pada pria.

Berbagai krim yang beredar di pasaran mengklaim dapat menghilangkan selulit secara cepat, begitu pula berbagai metode modern dan canggihnya ilmu kedokteran. Sayangnya, cara ini membutuhkan biaya yang mahal. Dengan menggunakan bahan alami, mungkin hasilnya tidak akan secepat cara modern yang dilakukan oleh para ahli, namun keuntungan yang bisa Anda dapat adalah harga yang terjangkau, sedikit efek samping, dan mudah dijumpai.

Bubuk kopi merupakan salah satu bahan yang dapat kita pilih untuk menghilangkan selulit dan menjadi cara yang cukup populer di kalangan wanita, karena cara alami ini telah diakui dan dibuktikan khasiatnya termasuk oleh beberapa selebriti Hollywood. Bubuk kopi berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah dan memecahkan lemak di bawah kulit pada bagian kulit yang berselulit sehingga selulit bisa hilang.

Lakukan perawatan menjelang mandi sore setiap hari, dengan cara berikut ini:

Cara 1

Scrub Kopi. Campur bubuk kopi dengan minyak zaitun lalu aduk hingga merata dan berbentuk pasta, kemudian gosokkan dengan lembut pada kulit yang berselulit sambil dipijat-pijat. Lakukan selama beberapa menit dengan arah pijatan memutar agar scrub kopi tersebut memberikan manfaat yang optimal. Setelah itu bilas dan keringkan tubuh dengan handuk. Minyak zaitun kaya akan vitamin E dan C yang baik untuk kulit. Dengan melakukannya secara teratur, selulit akan memudar dan menghilang.

Cara 2
Campurkan 4 sendok makan bubuk kopi, 1/2 sendok teh gula, 1/2 sendok teh garam, 1 sendok makan minyak zaitun, aduk sampai rata. Usapkan pada area berselulit (misalnya di paha) kemudian bungkus paha dengan plastik cling wrap. Diamkan selama minimal 15 menit agar panas dan kelembapannya terjaga. Basuh hingga bersih menggunakan air hangat dan lakukan seminggu 2-3 kali untuk mendapatkan hasil maksimal.

Cara 3
Campurkan bubuk kopi dengan gula pasir dan minyak kelapa, aduk ketiga bahan hingga menjadi satu. Gunakan campuran ini untuk melakukan scrubbing pada permukaan kulit tubuh yang berselulit. Lakukan gerakan melingkar saat memijat dan diamkan selama beberapa menit baru kemudian dibilas.

Cara 4
Selain memanfaatkan minyak, Anda juga bisa menggunakan K-Energy Cream. Usapkan campuran kopi dan K-Energy Cream ini pada bagian tubuh yang terdapat selulit sambil digosok lembut dan dipijat beberapa menit, biarkan selama 30 menit sebelum dibersihkan.

Cara 5
Ampas kopi ternyata juga bisa dijadikan sebagai bahan alami penghilang selulit. Pilih ampas kopi hitam yang masih murni dan diseduh tanpa gula, lalu oleskan ampas kopi di bagian tubuh yang terdapat selulit, diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air. Lakukan sesering mungkin sampai stretch mark hilang.

Setelah menyimak cara-cara di atas, ternyata tidak sulit bukan untuk menghilangkan selulit di tubuh Anda? Kuncinya hanya satu, lakukan perawatan tersebut secara konsisten setiap hari, maka selulit akan segera menghilang. Minggu depan kita akan membahas cara dan bahan-bahan lain yang mudah ditemukan di sekitar untuk menghilangkan selulit yang mengganggu ini. Selamat mencoba ya! (Marini/Midya)