MILIKI KUKU INDAH DAN SEHAT

MILIKI KUKU INDAH DAN SEHAT
Memiliki kuku dengan bentuk yang indah menjadi impian sebagian wanita untuk mepercantik penampilan. Meskipun sudah dipotong pendek namun kuku yang kotor dan tidak dirawat, akan mengurangi keindahan jemari tangan. Karena itu, agar terlihat cantik kuku haruslah dirawat dengan baik.

Bila punya cukup waktu dan ingin ditangani secara profesional, Anda bisa datang ke salon seperti House of Beauty untuk mendapatkan perawatan manicure. Namun bila kesibukan tak mengizinkan Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Cobalah beberapa tips berikut ini :

1. Rendam kuku dalam minyak zaitun hangat selama lebih kurang 15 menit lalu bilas tanpa sabun untuk membuat kuku lebih lunak dan lembut. Lakukan setiap dua hari sekali.

2. Oleskan petroleum jelly atau K-Care Honey and Goat’s Milk Hand & Foot Cream yang dapat merawat kuku Anda menjadi lebih lembap, lembut dan sehat. 

3. Kuku terkadang juga bisa rapuh. Untuk mencegah kuku menjadi rapuh, gunakan nail polish sehingga kuku tidak pecah. Cara lainnya, rendam kuku dalam perasan lemon yang dicampur dengan 1 sendok makan madu dan air hangat. Rendam kuku selama 10-15 menit. Kuku Anda akan menjadi bersih dan bercahaya.

4. Sebagai alternatif, Anda juga dapat mengoleskan bawang putih yang telah diparutan atau menggosokkannya langsung di atas kuku. Ulangi beberapa kali untuk mendapatkan kuku yang kuat. 

5. Jika Anda pecinta nail polish atau cat kuku, beri jeda waktu memakainya. Biarkan kuku Anda beristirahat sejenak tanpa cat, sehingga tidak cepat kuning. Warna kuning menandakan kuku yang tak sehat. Untuk mengembalikan warna kuku, oleskan irisan jeruk lemon atau lidah buaya ke bagian permukaan kuku dan diamkan selama 10-15 menit lalu bilas. 

6. Cara lain mengatasi kuku kuning : Gunakan perasan lemon yang dicampur dengan pasta gigi (yang mengandung pemutih), aduk rata, lalu oleskan ke kuku. Tunggu sampai mengering, dan basuhlah kuku dengan air hangat hingga bersih. Lakukan seminggu sekali. Warna kuku akan terlihat cantik kembali. 

7. Agar kuku tidak mudah pecah dan mengelupas, Anda juga dapat mengoleskan getah pepaya ke kuku. Diamkan selama beberapa menit kemudian cuci bersih. 

8. Lakukan sendiri sesi manicure di rumah. Tahap-tahapnya adalah:
  • Potong kuku dan bentuk sesuai yang Anda inginkan serta bersihkan sedikit kutikula yang berlebih tapi jangan dihilangkan semua agar kuku tidak mudah terkena infeksi. 
Selain perawatan dari luar, kuku juga perlu dirawat dari dalam. Konsumsi air putih lebih sering agar kuku lebih lembap dan tidak kering. Perbanyak asupan sayuran brokoli, kangkung dan bayam serta buah-buahan seperti apel merah, stroberi, pepaya, nanas, mangga, alpukat, anggur dan manggis. Selain itu, rutinlah minum susu dan konsumsi makanan yang mengandung kalsium untuk memperkuat kuku, antara lain yang terbuat dari susu, keju, kacang-kacangan, dan biji-bijian serta ikan pari dan ikan sarden. Selamat mencoba! (Marini/Midya)